Tips Mengatasi Anak Batuk Terus Menerus

originals.id – Batuk adalah reaksi normal terhadap gangguan dan penyumbatan pada tenggorokan dan paru-paru, akibat letupan keras dorongan udara dari paru-paru. Berbeda dari batuk “biasa” yang masih dalam batas toleransi, ada juga batuk yang merupakan gejala penyakit. Kalau batuknya sangat sering, tidak menghiraukan waktu, siang malam batuk, bisa jadi itu merupakan gejala penyakit. Ini yang harus dikendalikan.

Tanda-tanda bahaya yang perlu diperhatikan pada saat anak batuk:

  • Napas tersengal, pendek-pendek, dan berbunyi.
  • Tampak lesu dan rewel tanpa sebab.
  • Lidah membiru.
  • Tidak mau minum.

Pertolongan Pertama:

  1. Pada keadaan darurat, misalnya tengah malam, cara-cara tradisional bisa dilakukan, seperti: mengolesi dada dengan minyak penghangat atau bawang, tapi harus hati-hati karena ada efek sampingnya, semisal iritasi kulit.
  2. Cara yang lebih baik adalah dengan menggunakan uap panas. Minta si kecil untuk duduk. Kemudian, ciptakan suasana yang beruap, bisa dengan merebus air di ketel dan tuangkan di baskom kecil, minta anak untuk menghirup uap tersebut. Dengan posisi duduk dapat membantu anak untuk bernapas lebih mudah. Bernapas dalam uap dapat meringankan batuk serta membantu melancarkan pernapasan.
  3. Berikan teh hangat manis, kecap manis atau madu yang dicampur dengan air jeruk nipis. Jika bayi masih mendapat ASI eksklusif, hindari memberi minuman atau obat lain. ASI adalah bahan terbaik untuk meredakan batuk pada bayi yang mendapat ASI eksklusif.
  4. Hindari mengggunakan obat yang mengandung bahan berbahaya seperti atropin, kodein atau turunan kodein.
  5. Jika tak juga sembuh dalam tiga hari, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk dicari penyebab batuk.

Jangan sampai anak batuk terus menerus dibiarkan selama berhari hari karena bisa merusak organ dalam seperti tenggorokan dan paru paru. Batuk yang terjadi mengakibatkan kontraksi organ dalam secara berlebihan. untuk itu segera tangani ketika anak batuk secara terus – terusan. Karena hal itu sudah tidak wajar. Jika dirasa ragu dalam mengatasi sendiri, segera larikan ke dokter terdekat agar segera mendapatkan pertolongan yang tepat.