Tips Memilih Anime Untuk Belajar Bahasa Jepang

Bagi anda yang suka belajar bahasa Jepang dari anime, harap berhati-hati karena tidak semua anime memberikan nilai positif bagi anda. Memang, belajar bahasa dari anime bisa menjadi salah satu alternatif terbaik yang bisa anda lakukan, asalkan anda tahu cara memilah anime yang benar.

Sebelum belajar bahasa Jepang melalui anime, anda harus mengetahui terlebih dahulu perbedaan bahasa Jepang. Karena di dalamnya, terdapat 2 jenis bahasa jepang, yaitu keigo dan tameguchi.

Keigo merupakan bahasa Jepang yang memiliki tingkat kesopanan tinggi. Bisa anda gunakan untuk keperluan bisnis atau mempererat hubungan anda dengan bos anda. Sementara tameguchi adalah bahasa slang yang hanya boleh anda gunakan terhadap teman anda saja.

Dalam anime, kedua jenis bahasa Jepang tersebut sangatlah tercampur aduk, sehingga anda harus tahu mengolahnya. Mempelajari bahasa melalui anime secara langsung akan membuat anda tidak mampu menyaring bahasa mana yang baik dan tidak. Lebih parahnya, anda tidak akan bisa menempatkan kapan bahasa tersebut digunakan dan kepada siapa.

Tetapi jangan khawatir, salah satu tempat yang menyediakan cara belajar bahasa Jepang baik keigo maupun tameguchi adalah Weihome Gakuen. Sekolah online tersebut telah berdiri semenjak tahun 2011 hingga sekarang. Pastikan anda menyerap ilmu di website tersebut karena memiliki rentang waktu yang begitu panjang.

Kembali ke soal anime. Tayangan tersebut juga memiliki beberapa genre. Ini perlu diperhatikan karena akan mempengaruhi kualitas dari bahasa Jepang yang tengah anda tonton.

Beberapa diantaranya adalah action, slice of life, drama, dan lain sebagainya. Genre yang telah disebutkan adalah jenis anime yang direkomendasikan. Sementara untuk jenis anime yang sedikit melenceng seperti ecch!, ya0i, yur1, dan lain sebagainya tidak direkomendasikan karena cenderung memiliki bahasa kotor.

Jika anda mampu menyaring jenis anime yang akan anda tonton, tunggulah momen dimana anda akan mampu memahami orang Jepang katakan, sekaligus anda akan mampu berbicara dan menjawab dengan menggunakan bahasa Jepang.

Anda akan memiliki kemampuan berbicara secara natural dengan orang Jepang tanpa anda sadari.