Teknik Purposive Sampling dan Pengertiannya

Halo sobat metodologi penelitian yuk kita belajar bareng-bareng bareng admin jangan lupa siapkan buku dan pulpen kalian ya. Jadi kali ini kita akan membahas tentang Purposive Sampling pada statistika sosial, sebelum membahas lebih jauh mengenai purposive sampling maka kita harus tahu dulu defnisi dan pengertian purposive sampling.

Jadi definisi purposive sampling terbagi beberap definisi menurut para ahli:

  • Pertama menurut Arikunto purposive sampling adalah pengambilan sample dengan tidak berdasar random daerah atau strata tetapi dengan pertimbangan yang berfokus pada tujuan tertentu.
  • Selanjutnya menurut Notoatmodjo purposive sampling yaitu pengambil sample berdasarkan pertimbang seperti sifat-sifat populasi.
  • Ketiga menurut Sugiyono purposive sampling yaitu pengambil sample dengan beberapa timbangan agar data bisa lebih representatif
  • Terakhir menurut Nursalam purposive sampling merupakan penempatan sample dengan memilih beberapa sample yang sesuai dalam sebuah populasi.

Nah inilah beberapa definis Purposive Sampling menurut para ahli, lalu kesimpulan apa sih yang dapat kita ambil dari definisi purposive sampling?

Jadi dapat disimpulkan bahwa purposive sampling lebih tepat digunakan oleh para peneliti apabila memang sebuah penelitian memerlukan kriteria khusus agar sample yang diambil nantinya sesuai dengan tujuan penelitian.

Setelah membahas definisi dari purposive sampling selanjutnya adapun syarat-syarat dari purposive sampling yaitu:

  1. Dalam penentuan karakteristik objek atau subjek sample, peneliti harus melakukan study pendahuluan agar akurasinya dapat dipertanggungjawabkan.
  2. Sample yang dipilih harus memiliki karakteristik, sifat, dan ciri khusus dari populasi yang dipilih sebagai sample.
  3. Dari keseluruhan populasi subjek maupun objek dari sample harus yang paling mendekati deskripsi tujuan penelitian.
  4. Kriteria atau batasan ditetapkan dengan teliti.
  5. Sample yang diambil sebagai subjek penelitian adalah sample yang telah memenuhi kriteria yang ditetapkan.

Nah itu dia beberapa langkah-langkah purposive sampling selanjutnya admin akan berikan beberapa rumus purposive sampling.

Berbicara perihal rumus menentukan jumlah sample berdasarkan purposive akan menyebabkan dilematis, sebab meskipun telah mengetahui daftar populasi yang akan kita teliti, namun ada kalanya jumlah tidak akan mencukupi jika angka menerapkan rumus terdapat batasan.