Rumitnya Menggunakan Toilet di Jepang

Rumitnya Menggunakan Toilet di Jepang

Vegasociety.com – ADA yang menjelaskan muka toilet adalah muka bangsa. Tidak bingung bila Jepang, negara yang populer dengan tehnologinya itu, menyiapkan toilet yang tidak cuma bersih dan juga hebat.

Buat mereka yang sudah pernah bertandang ke Jepang pasti alami “gagap” sesaat waktu menggunakan toilet-toilet dalam tempat umum.

Bagaimana tidak, toilet di sini sangat mungkin kita buang hajat dengan nyaman hingga banyak tersedia feature. Ada banyak tombol berlainan dalam suatu toilet, contohnya feature untuk menyemprotkan air sesudah kita buang air besar serta buang air kecil yang berlainan. Atau, tombol untuk mengendalikan kecil besarnya debet air dengan sekali sentuh.

Baca juga: Sedot WC Pontianak Murah

Kehebatan toilet di Jepang ini memang sering memusingkan beberapa pelancong. Nyatanya bukan saya saja yang merasakan “ndeso” waktu menggunakan toilet pandai, seseorang rekan dari Singapura yang bermalam di hotel bintang 5 di Tokyo akui sampai harus menyebut petugas hotel untuk menanyakan bagaimanakah cara menyiram (flush) toilet.

“Ini ialah pengalaman yang tidak akan saya lupakan. Seumur hidup tidak pernah saya sampai menyebut orang untuk mengajarkan bagaimanakah cara menyiram hajat saya sendiri,” tuturnya ketawa.

Toilet di hotel itu sebetulnya sama dengan toilet di temmpat-tempat umum yang lain di Jepang. Namun kita tidak akan temukan tombol “flush” yang umumnya melekat pada dinding belakang kloset atau di samping. Yang ada ialah seperti tempat gantungan handuk kecil yang melekat di samping wasthafel. Nyatanya bila kita menarik pegangannya di baliknya ada tombol flush.

“Saya perlu waktu 25 menit untuk mencari dimana tombol flush, nyatanya dia ngumpet dibalik besi gantungan,” kata rekan lain yang datang dari Indonesia.

Kenyamanan pemakai toilet di Jepang yang lain ialah menyiapkan feature suara flushing palsu untuk menutupi suara kotoran yang dikeluarkan. Ini pasti benar-benar bermanfaat waktu kita harus buang air besar di toilet umum yang cuma terbagi dalam bilik-bilik. Malu kan jika sampai suara gas dari perut terdengar oleh beberapa orang yang sedang mengantre di luar.

Toilet-toilet di sini hampir tetap kering serta tanpa ada kotoran setitik juga walau saya jarang-jarang menemui petugas toilet yang sigap berjaga dengan gagang pelnya. Nyatanya, di toilet ada juga feature automatis untuk mengeringkan dudukan toilet hingga cipratan air langsung hilang.

Baca juga: Jasa Sedot WC Murah

Rumitnya Menggunakan Toilet di Jepang
KOMPAS.COM/LUSIA KUS ANNA Toilet di Jepang.

Toilet yang lebih hebat yang lain bahkan juga direncanakan tanpa ada kontak tangan, hingga kita cuma buka tutup pintu toilet sampai tempat sampah dengan inframerah. Ada pula toilet yang sangat mungkin orang buang hajat sekalian melihat tv, dengarkan musik, atau menjelajahi internet.

Tetapi, menurut saya sarana toilet yang sangat penting buat kaum hawa, terutamanya beberapa ibu ialah disiapkannya tempat duduk balita bahkan juga tempat bayi di toilet. Buat ibu-ibu yang seringkali melancong dengan anaknya, pasti ini akan menolong hingga tidak butuh ribet cari orang untuk jaga anaknya di luar saat si ibu sedang ada masalah “ke belakang”.

Walaupun begitu, sebetulnya lumayan banyak toilet di Jepang yang masih menyiapkan toilet jongkok, khususnya untuk memfasilitasi beberapa orang tua yang belum