Pola Asuh Anak: Mengasuh Anak Ketika dalam Kandungan

Pola asuh anak merupakan landasan dasar yang harus setiap orang tua mengerti. Hal itu karena setiap orangtua selalu menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Tak heran banyak orangtua yang bekerja keras demi memenuhi kebutuhan anak agar dapat menjadi seseorang yang membanggakan orangtua. Mendidik anak bukanlah perkara yang mudah. Orangtua perlu tahu pola asuh anak dalam kandungan yang tepat untuk mendidik anak-anak mereka.

Perlu diketahui, kecerdasan anak dapat dikembangkan sejak masih berada dalam kandungan. Orangtua perlu menerapkan pola asuh anak dalam kandungan untuk meningkatkan kecerdasan anak sejak dalam kandungan.

Bagaimana sih pola asuh anak yang tepat untuk diterapkan calon orangtua pada janinnya?

  • Olahraga

Kebiasaan berolahraga ringan yang dilakukan oleh ibu hamil seperti jalan kaki tak hanya mencegah penambahan berat badan secara berlebihan. Saat berolahraga, hormon stress kortisol turun. Ini mendorong pertumbuhan otak janin. Otak akan berkembang maksimal jika hormon stress turun. Selain itu apabila olahraga dilakukan di luar ruangan saat pagi hari, maka ibu hamil akan mendapat asupan vitamin D yang berguna bagi janin. Sebuah penelitian mengungkap hubungan antara kekurangan vitamin D dengan autisme.

  • Bicara pada janin

Mungkin ada yang menganggap berbicara kepada janin itu hal yang sia-sia. Bahkan Ibu jadi terlihat seperti orang gila. Namun kebiasaan berbicara dengan janin ini ternyata sangat penting. Ingat, sejak trimester kedua janin di dalam kandungan sudah dapat mendengar dan merespons suara. Jadi kebiasaan mengajaknya berbicara, memperdengarkan suara musik, atau membacakan cerita akan merangsang kemampuan otaknya untuk merespons. Lakukan pola asuh anak dalam kandungan ini agar anak lebih cerdas.

  • Makan makanan bergizi

Ibu hamil bisa menerapkan pola asuh anak dalam kandungan dengan mengonsumsi makanan bergizi kaya nutrisi. Pilih menu yang kaya asam folat, asam lemak omega-3 dan DHA terutama untuk sarapan. Syukur-syukur jika dikonsumsi juga saat makan siang dan makan malam. Berbagai nutrisi ini bisa didapat dari biji-bijian, sayuran hijau dan aneka ikan. Pilih juga  menu yang banyak mengandung zat besi untuk membentuk sel-sel darah merah membantu meningkatkan kinerja otak.

  • Pola asuh anak dengan memperdengarkan musik

Ingat, janin di dalam kandungan mulai trimester kedua sudah bisa mendengar. Jadi Ibu hamil dapat menerapkan pola asuh anak dalam kandungan dengan cara mendengarkan musik. Ibu hamil yang suka mendengarkan musik tanpa speaker secara tak langsung akan membuat janin ikut mendengarkan musik yang diputar ibunya. Musik yang didengarkan akan mendorong kemampuan kerja otak janin. Melodi-melodi yang didengar bayi akan merangsang daya ingatnya bekerja lebih maksimal. Ini kenapa memperdengarkan musik klasik gubahan para maestro kepada janin pun dipercaya membuat bayi lebih cerdas.