Perbedaan Jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi

Ada yang baru lulus SMA dan ingin melanjutkan kuliah? Atau ada yang baru ingin memulai kuliah setelah sekian lama? Jika iya maka ada satu hal penting yang harus Anda pertimbangkan yaitu cara memilih jurusan yang benar. Kenapa? Karena ada sangat banyak mahasiswa yang merasa menyesal karena merasa salah memilih jurusan di kemudian hari. Ini merupakan sebuah kesalahan fatal dimana jurusan yang kita masuki ternyata tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Perbedaan Jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi

Memang bagi orang yang awam akan cukup sulit untuk membedakan beberapa jurusan dalam sebuah universitas salah satunya adalah komputer. Ada juga beberapa jurusan yang khusus mempelajari tentang komputer dan ternyata masih banyak yang tak mengetahui apa perbedaannya, khususnya untuk teknik informatika dan sistem informasi. Banyak orang yang kebingungan dengan 2 jurusan ini, mereka bimbang mau memilih jurusan sistem informasi atau teknik informatika.

Fatalnya lagi ada beberapa orang yang menganggap kedua jurusan tersebut adalah sama. Faktanya kedua jurusan tersebut sangat berbeda baik dari segi materi mapun tujuannya. Sebenarnya apa sih perbedaan antara keduanya serta mana yang lebih susah ataupun bagus? Jawaban atas pertanyaan tersebut cukup relatif sebenarnya karena kedua jurusan tersebut mempelajari hal yang berbeda. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti pembahasan berikut ini.

Perbandingan dari Perbedaan Jurusan Sistem Informasi (Manajemen Informatika) dan Teknik Informatika

Sebenarnya untuk membedakan kedua jurusan ini cukup mudah karena memang keduanya bisa dibilang sangat berbeda walau ada beberapa persamaannya. Di bawah ini merupakan penjelasan lengkap tentang pengertian jurusan sistem informasi dan teknik informatika lalu apa yang dipelajari di dalamnya.

1. Jurusan Teknik Informatika (Komputer Science)

Di mulai dengan membahas jurusan teknik informatika yaitu merupakan sebuah jurusan yang mempelajari mengenai bagaimana mengembangkan teknologi. Dalam hal ini ada cukup banyak yang dipelajari entah itu robotic, sistem intelegensi dan berbagai hal lainnya. Secara sederhana teknik infomatika akan membahas bagaimana membuat sebuah teknologi menjadi lebih maju.

Tujuan dari Jurusan Teknik Informatika:

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, tujuan dari jurusan ini tentu untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam merancang maupun mengembangkan teknologi. Apa yang dipelajari dalam jurusan ini adalah segala hal yang akan dibutuhkan untuk membuat teknologi menjadi lebih canggih.

Nama Lain dari Jurusan Teknik Informatika:

  • Matematika Komputasi
  • Ilmu Komputer
  • Informatika
  • Ilmu Komputasi
  • Ilmu Informatika

Apa yang Dipelajari di Jurusan Teknik Informatika?

Cukup banyak pembahasan dalam jurusan ini baik itu yang bersifat teoristis maupun algoritmis. Namun pembahasannya bisa dibagi menjadi 3 bab utama yaitu perancangan perangkat lunak, perancangan perangkat keras serta pembahasan materi pemecahan masalah tertemtu.

2. Jurusan Sistem Informasi (Information Systems)

Berbeda lagi dengan jurusan teknik informatika yang memiliki tujuan untuk mengembangkan teknologi itu sendiri, sistem informasi akan berfokus bagaimana menggabungkan teknologi dan bisnis supaya bisa menjadi lebih efektif. Mereka akan mempelajari bagaimana cara menerapkan teknologi dalam sebuah kegiatan bisnis sehingga bisa membantu prosesnya menjadi lebih cepat.

Tujuan dari Jurusan Sistem Informasi:

Peserta didik akan diajari bagaimana cara merancang, mengembangkan serta menerapkan teknologi dalam dunia bisnis.

Nama Lain dari Jurusan Sistem Informasi:

Apa yang Dipelajari di Jurusan Sistem Informasi?

Dalam jurusan ini pembahasan akan difokuskan pada cara mengintegrasikan serta menerapkan teknologi informasi ke dalam dunia bisnis. Tujuannya tentu agar terpenuhinya kebutuhan organisasi bisnis terhadap suatu informasi.

Sekian pembahasan terkait perbedaan antara kuliah di jurusan teknik informatika dan sistem informasi. Semoga postingan ini bisa membantu Anda dalam menentukan jurusan kuliah yang tepat sehingga tidak salah pilih. Kedua prodi diatas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi pilih dengan hati-hati agar tidak menyesal di kemudian hari.