Pengertian Teks Debat dan Unsur-Unsur: Lengkap

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Debat adalah pembahasan atau pun pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberikan alasan untuk mempertahankan pendapatnya masing – masing. Berikut ini adalah pengertian dari teks debat secara umum.

 

Pengertian Teks Debat

Debat adalah kegiatan argumentasi antara 2 (dua) pihak atau lebih baik itu perorangan atau pun kelompok dalam mendiskusikan serta memutuskan masalah serta perbedaan.

Sedangkan menurut G. Sukadi, Debat adalah saling adu argumentasi antar kelompok atau antar pribadi manusia dengan tujuan mencapai kemenangan. Sebelumnya kita pernah bahas contoh teks eksplanasi yang sudah dipublikasikan.

 

Unsur – Unsur Debat

Berikut ini adalah beberapa unsur – unsur yang harus dipenuhi supaya kegiatan tersebut bisa disebut debat,  antara lain.

  1. Mempunyai Mosi, Mosi adalah topi atau bahasan yang diperdebatkan serta memiliki sifat konvensional. Adanya mosi sangat penting karena di dalam sebuah debat ada pihak pro dan kontra.
  2. Pihak Kontra atau Pihak Oposisi yang tidak setuju dengan mosi yang sudah diberikan. Pihak kontra akan menyanggah pernyataan dari pihak afirmatif.
  3. Pihak netral tidak menaruh dukungan serta tidak condong kepada salah satu pihak.
  4. Debat harus mempunyai pihak pro atau pihak afirmatif yang setuju dengan mosu yang diberikan. Sedangkan pihak pro akan memberikan pidatonya terlebih dahulu tentang alasan mengapa mendukung pernyataan di dalam mosi.
  5. Debat harus mempunyai peserta yang nantinya berhak menentukan keputusan akhir bersama juri debat.
  6. Dalam beberapa debat, peserta tidak ikut andil dalam menentukan keputusan akhir, tapi jika dibutuhkan voting, maka biasanya pepserta debat akan diperhitungkan suaranya.
  7. Dalam debat harus ada moderator yang bertugas untuk memimpin, memperkenalkan pihak, tata tertib, dan jalannya debat.
  8. Adanya notulen atau penulis acara yang bertugas untuk mencatat hal – hal yang terkait dengan debat yang sedang berlangsung. Contohnya saja seperti mosi debat, penyampaian masing – masing pihak atau tim, pernyataan moderator, dan hasil keputusan akhir debat.

 

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai teks debat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, dan semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan tugas. Jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.