Mengenal Jenis-Jenis Tambal Gigi yang Sering Dilakukan Oleh Dokter Gigi Jogja

Dokter Gigi Jogja

Pada kesempatan kali ini, apabila anda sedang mencari informasi tentang tambal gigi di Dokter Gigi Jogja maka silahkan simak penjelasan ini sampai selesai. Saat gigi mengalami kerusakan atau berlubang maka biasanya akan dilakukan perbaikan dengan cara menambalnya. Tambal gigi merupakan salah satu prosedur yang bisa dilakukan untuk mengatasi gigi berlubang. Selain itu dengan melakukan penambalan maka bisa mengatasi gigi yang patah, retak atau rapuh.

Mengingat ketika gigi yang berlubang dibiarkan begitu saja maka sisa-sisa makanan bisa tertahan di dalam lubang tersebut. Nah, inilah yang akhirnya mampu merangsang pertumbuhan bakteri pada gigi berlubang. Ketika gigi berlubang sudah terkena bakteri maka akan menimbulkan lubang yang semakin besar dan rasa nyeri.

Mengenal Jenis-Jenis Tambal Gigi di Dokter Gigi Jogja

Seiring perkembangan zaman kini sudah banyak sekali jenis tambal gigi yang ditawarkan oleh dokter. Hal ini bisa membuat anda bingung memilih mana jenis tambal gigi yang terbaik. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai jenis-jenis tambal gigi, agar anda bisa memilih sesuai kebutuhan anda. Berikut ini ulasannya :

  1. Amalgam

Prosedur yang biasanya digunakan oleh dokter adalah menggunakan amalgam. Jadi amalgam ini merupakan campuran antara 50% seng, timah, tembaga, perak dan merkuri. Kalau dibandingkan jenis tambal gigi yang lain maka amalgam ini merupakan yang paling banyak dipilih dan paling populer. Mengingat memiliki bahan yang kuat, tahan lama dan pastinya lebih murah.

  1. Komposit

Jenis tambal gigi yang kedua adalah bahan yang terbuat dari bahan campuran plastik dan material resin yang kemudian dimasukkan pada lubang gigi. Komposit memiliki tekstur yang lebih lunak dan nantinya akan disinari oleh cahaya biru untuk mengeraskan agar menyerupai gigi. Banyak orang memilih jenis ini karena warnanya hampir mirip dengan gigi aslinya.

  1. Porselen

Jenis tambal gigi ketiga adalah porselen. Bahan ini banyak diminati masyarakat karena memiliki bentuk dan warna yang menyerupai gigi. Sehingga anda memiliki banyak pilihan. Kalau dibandingkan dengan jenis tambal gigi lainnya, bahan ini memiliki ketahanan hingga 15  tahun dan tidak mudah berubah warna.

Demikianlah beberapa jenis tambal gigi yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan anda dalam memilih jenis tambal gigi di dokter gigi Jogja yang terbaik.