Memahami Islam Dengan Benar

Agama islam saat ini merupakan agama yang paling banyak pemeluknya di seluruh dunia, ini tidak lain karena pertolongan ALLAH Subhanahuwataala kepada para juru dakwah yang tidak henti-hentinya mendakwahkan ajaran yang mulia ini, sehingga ajaran agama islm hadir di seluruh penjuru dunia.

Tapi dengan pesatnya perkembangan agama islam ini tidak diimbangi dengan pemahaman ajaran islam itu sendiri, maka tidak heran banyak orang yang identitasnya beraga islam tapi kelakuan ahlak dan muamalahnya jauh dari nilai islam, ini tentu patut disayangkan.

Lalu sebenarnya apa sih arti islam, dan apa yang harus dilakukan oleh seorang muslim (sebutan orang yang beragama islam) agar di sebut dengan mukmin sejati yang mengamalkan ajaran agamanya secara sempurna, dalam tulisan akan saya jelaskan secara singkat tentang makna islam dan muslim.

Apa Sebenarnya Arti Islam Itu?

Memahami Islam Dengan Benar

Islam menurut bahasa artinya berserah, pasrah dan tunduk, apa maksudnya? Secara umum maksudnya adalah kita tunduk, patuh dan berserah diri kepada perintah dan larangan Allah Azza Wa Jallaa.

Sangan simple, hanya patuh dan berserah diri saja kepada ajaran yang dibawa oleh Rasullulah Muhammad Salallahu Alahi Wassalam, Jika kita sudah bisa berserah diri dan patuh terhadap ajaran yang dibawa nabi Muhammad Sallahu Alaihi wassalam maka kita akan mendapatkan gelar mukmin sejati.

Terlihat memang simple, tapi dalam prakteknya sangat jarang orang yang mau berserah dan patuh terhadap ajaran ini, mengapa demikian?.

Nafsu dan Bisikan Syetan

Ada nafsu dan bisikan syetan yang akan menghalangi kita dari melakukan ketaatan tersebut, karena sebagian besar ajaran islam yang memuat larangan dan perintah bertolak belakang dengan nafsu kita, sehingga terasa sulit bagi kita untuk taat kepada perintah dan larangan tersebut.

Ada perintah sholat yang harus dilaksanakan oleh umat muslim lima waktu dalam sehari, yang kalau di pikir secara akal sehat hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit, tapi kebanyakan orang melalaikannya, ini tidak lain karena perintah ini bertentangan dengan nafsu kita yang secara tabiat manusia asik dengan dunianya saja.

Ada perintah puasa di bulan ramadhan, yang mana perintah ini jauh dari keinginan nafsu, saat nafsu ingin makan maka puasa melarangnya, saat ingin berhubungan maka puasa juga melarangnya, dan perintah puasa ini wajib di taati agar kita terbiasa menahan hawa nafsu kita.

Ilmu Adalah Kunci Seorang Muslim

Ada perintah ALLAH melalui sabda nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wassalam bahwa kewajiban seorang muslim untuk menuntut ilmu agama. Bukan tanpa alasan hadist ini di ucapkan oleh nabi, karena memang dengan ilmu agama maka kita akan mudah membedakan mana yang dilarang dan mana perintah.

Sehingga dengan ilmu agama yang benar kita akan mudah untuk berserah diri kepada ajaran yang di bawa oleh nabi muhammad alallahu Alaihi Wassalam ini. Dengan ilmu kita akan mengetahui keuntungan dan kerugian jika kita melakukan dan meninggalkan sebuah amalan agama.

Datangi pengajian secara rutin agar iman kita kepada hari akhirat semakin kokoh, sehingga setiap gerak gerik kita selalu berpedoman kepada keuntungan dan kerugian kelak di akhirat, karena dengan ilmu ini kita akan memprioritaskan kehidupan kekal abadi di akhirat di banding dengan kehidupan dunia ini.

Semoga kita semua selalu di kokohkan dalam iman dan islam sehingga kita bisa meninggal dengan membawa kalimat mulia Laa Ilaha Ilallaah yang merupakan tiket menuju surga.

Source: penaungu.com