Masih Ragu Kuliah Jurusan Manajemen? Pelajari Yuk Keuntungannya

Meski dikatakan sebagai jurusan yang pasaran karena memiliki banyak alumni dari jurusan Manajemen, jurusan ini juga memiliki peluang yang luas dalam hal pekerjaan di masa depan. Selain itu, manajemen merupakan jurusan yang juga bisa dipelajari menggunakan metode kuliah blended learning seperti yang telah diterapkan oleh banyak universitas.

Bagi yang masih ragu untuk memilih jurusan Manajemen ketika ingin melanjutkan kuliah, ada baiknya menyimak berbagai keuntungan kuliah di jurusan manajemen berikut ini:

Rumahnya bagi mahasiswa yang ingin menjadi entrepreneur

bagi yang bermimpi menjadi seorang pengusaha atau bercita-cita tidak ingin bekerja diperusahaan dan ingin membuat usaha sendiri, maka jurusan Manajemen merupakan jurusan yang paling tepat untuk dimasuki. Tidak hanya dipersiapkan guna siap bekerja di sebuah perusahaan, Jurusan Manajemen juga menyiapkan mahasiswanya untuk siap berkembang menjadi seorang wirausaha ataupun manajer di perusahaannya sendiri.

Mengkoordinasi kehidupan lebih mudah

Masalah atur mengatur, jurusan Manajemen jurusan yang paling pas untuk masalah ini. Bukan hanya bisa mengatur biaya operasional sebuah perusahaan, mengatur SDM perusahaan, ataupun tingkat keberhasilan sebuah perusahaan, namun jurusan Manajemen juga bisa mengatur jalan kehidupannya agar lebih mudah untuk dijalani guna mencapai tujuan hidup yang dimilikinya.

Lapangan pekerjaan yang luas

Ada beberapa jurusan yang dikenal secara luas oleh masyarakat sebagai jurusan yang memiliki lapangan pekerjaan yang luas, salah satunya mereka yang kuliah S1 Manajemen. Pasalnya jurusan manajemen merupakan jurusan yang banyak digunakan oleh perusahaan, baik yang baru berkembang terlebih yang sudah maju seperti manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen operasional, manajemen strategi, dan lainnya. Dengan adanya bagian Manajemen di sebuah perusahaan, maka program kerja perusahaan tersebut akan berjalan dengan lebih baik.

Kemampuan organisasi yang tinggi

Dalam bekerja, kemampuan berorganisasi dan bekerja dengan tim merupakan hal yang sangat penting. Karenanya pada saat wawancara kerja biasanya ditanyakan mengenai pengalaman organisasi yang pernah dilakukan. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah si pelamar mampu bekerja dalam tim dengan baik dan berbaur dengan mudah bersama karyawan lainnya atau tidak, karena bekerja di sebuah perusahaan bukanlah sebuah pekerjaan dalam bentuk individu melainkan tim.

Materi untuk belajar bisa didapatkan dengan mudah

Jika anda sering membaca buku atau membuka internet, ada banyak buku ataupun tips tips menarik yang dibuat oleh ahli perihal manajemen. Banyaknya masyarakat yang meminati program studi satu ini menjadikan ada banyak referensi mengenai ilmu manajemen yang bisa dibaca, baik itu dalam bentuk buku cetak maupun elektronik (baik berbentuk e-book atau artikel terkait). Bagi yang mengambil kuliah blended learning, tentu mencari informasi materi di berbagai situs daring merupakan hal yang mudah.

Profesi lebih fleksibel dibandingkan jurusan lainnya

Karena manajemen merupakan ilmu yang paling banyak digunakan dan dibutuhkan untuk memanajemen sebuah sistem perusahaan agar berjalan lebih baik, jadi tidak heran jika alumni dari jurusan ini bisa masuk di semua lini perusahaan. Hal yang menjadi tantangan untuk jurusan manajemen adalah pengaplikasian ilmu itu sendiri dalam dunia kerja, pasalnya teori yang dipelajari terkadang tidak sesuai dengan teori lapangan yang dijalani.

Anak manajemen lebih mudah beradaptasi

Manajemen merupakan salah satu cabang dari Ilmu sosial, sebuah cabang ilmu yang mewajibkan pesertanya untuk dapat berkomunikasi maupun bersosialisasi yang baik dengan orang lain. Tidak heran karenanya jika bidang ilmu manajemen menghasilkan alumni yang mudah beradaptasi dengan orang lain, dengan begitu dunia kerja yang dianggap sulit bisa dengan mudah dilalui melalui komunikasi yang baik. Mulai tertarik mengikuti kuliah S1 Manajemen?

Bidang ilmu yang fleksibel

Mengapa dikatakan sebagai bidang ilmu yang fleksibel? karena manajemen tidak hanya melulu dipakai pada saat bekerja di sebuah perusahaan atau ketika ingin mendirikan sebuah usaha, namun kegiatan manajemen juga dilakukan pada kehidupan sehari-hari.

Misalnya tentang sikap tanggung jawab ketika mengelola sebuah perusahaan atau ketika mengatur SDM sebuah perusahaan, tentunya kegiatan ini tidak hanya dilakukan di kehidupan bekerja namun dalam kehidupan pribadi pun hal ini perlu kita lakukan. Dengan mempelajari bidang Ilmu Manajemen, kita bisa me-manage gaya hidup kita dengan lebih baik.

Jurusan Manajemen merupakan jurusan yang memiliki peminatan yang cukup bercabang sehingga tidak heran ada banyak pilihan peminatan ketika anda mempelajari ilmu yang satu ini. Namun jangan khawatir, karena saat ini anda bisa mempelajari ilmu manajemen secara online semenjak diadakan sistem kuliah online dengan sistem kuliah blended learning.

Selain jurusan Manajemen, metode kuliah ini juga menawarkan program studi atau jurusan lainnya untuk dipilih seperti jurusan Akuntansi, Pemrograman, Teknik Informatika, Digital Marketing, Data Sains, Logistic, Language, dan masih banyak lagi program studi lainnya yang bisa dicek di website ini.