Makanan Sehat Untuk Anak Sesuai Usianya

Memberikan makan anak tentu tidak bisa sembarangan. Pasalnya, makanan dapat menentukan perkembangan serta pertumbuhan buah hati Anda. Karena asupan gizi bagi anak tidak akan selalu sama, semakin hari tumbuh kembang anak semakin bertambah, begitu pula dengan kebutuhan nutrisi dan jenis makanannya. Pada masa tersebut pola dan kebiasaan makan mereka akan mulai terbentuk. 

Makanan Sehat Untuk Anak Sesuai Usianya

Maka dari itu, Anda harus mempersiapkan makanannya dengan baik dan benar, sesuai dengan kebutuhannya. Bingung makanan apa saja yang harus diberikan pada anak yang sesuai usianya serta bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini.

 

  • Makanan sehat untuk bayi dan balita

 

Hal yang sudah umum dan sering dipakai oleh seluruh orang tua ketika bayinya berumur enam bulan selalu memberikan sereal beras. Padahal, Anda bisa memberikan tambahan sayuran, buah, dan daging yang telah untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Ketika bayi berusia delapan bulan, anda bisa mencoba memberikan keju dan yogurt. Dan setelah usianya telah menginjak 12 bulan, bayi anda sudah bisa memakan makanan yang biasa anda sajikan untuk keluarga anda, tentu dengan menghindari campuran MSG serta minyak yah. 

Ketika si kecil beranjak besar, ia akan selalu ingin memakan apa yang ditemuinya entah itu dijalan atau di pasar swalayan. Oleh karena itu, Pastikan jika makanan selingan yang Anda berikan penuh dengan nutrisi, jangan memberikan permen atau kue manis yang bisa membuatnya mengalami kelebihan berat badan serta bisa merusak kesehatan giginya.

 

  • Makanan sehat untuk anak TK

 

Saat Anak-anak mulai memasuki dunia belajar, entah itu dirumah atau di sekolah, tentu akan membutuhkan energi lebih banyak untuk bermain dan belajar. Dimulai dari sajian ketika sarapan yang baik sangatlah penting, karena sarapan dapat membantu si kecil untuk memulai awal yang baik demi memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Jangan heran jika anak Anda sangat pilih-pilih makanan di usia ini. Jika dia tidak antusias untuk mencoba makanan baru, cobalah untuk menyiasatinya dengan cara meminta saran dan ide dari si kecil seputar menu makan keluarga yang sehat. Kemudian ajak si kecil dalam menyiapkan masakan tersebut, seperti membantu anda memasak. Ketika anak ikut andil dalam keputusan memasak, ia akan turut memakan menu tersebut.

 

  • Makanan sehat untuk anak usia sekolah dasar

 

Menginjak usia nya yang mulai produktif, anak Anda mungkin sibuk dengan kehidupan sosialnya, uang jajan yang diberikan, dan pilihan pribadi mengenai makanan kesukaan. Ia juga mudah dipengaruhi teman dan perkembangan tren, meskipun demikian, anda pun bisa memanfaatkan hal ini dengan menyampaikan alasan tentang pentingnya memakan makanan yang sehat.

Contohnya, Anda bisa menjelaskan  kepada anak Anda bahwasannya sarapan sehat itu penting dan dapat membantunya konsentrasi di sekolah dan memiliki energi untuk beraktivitas, sehingga kamu akan menjadi anak yang disukai oleh guru dan teman temanmu. Buatkan bekal makanan dari rumah untuk si anak agar anda tidak merasa khawatir anak anda jajan sembarangan diluar sana.

Ketika Anda mengemas bekal sekolahnya, selain dapat memasukkan makanan sehat seperti sayuran, buah, produk susu, daging atau telur, makanan sumber karbohidrat yang penuh serat – contohnya roti gandum – dan air putih, cobalah untuk memberikan bentuk unik juga agar si anak semakin antusias untuk selalu meminta bekal makanan sekolahnya kepada anda.

 

  • Makanan sehat untuk remaja

 

Anak anda yang masih remaja umumnya  akan lebih mandiri didalam hal apapun, salah satunya memilih makanannya. Dia juga akan mulai mengalami banyak tekanan hidup. Biasanya, karena hal itu anak remaja Anda akan menjadi seorang yang pemilih dalam mengonsumsi makananya atau mencoba diet ini-itu (untuk anak remaja wanita). Meskipun demikan, berikanlah pengertian lagi padanya jika semua makanan sebenarnya baik, yang terpenting bagaimana caranya untuk mengatur pola makan dan porsinya saja.  Jangan lupa untuk mengajaknya berolahraga, selain bisa berinteraksi lebihi intens bersama anak, anak anda pun akan mendapatkan kebaikan bagi dirinya.

Rekomendasi asuransi terbaik di indonesia