Liputan Khusus – Smartphone Tumbuh, Virus Mengancam

Liputan Khusus – Smartphone Tumbuh, Virus Mengancam

Besarnya pengguna smartphone  android diikuti makin seringnya penjahat cyber yang membuat virus atau malware. Android menjadi yang terbesar dengan pangsa pasar sekitar 80 persen. Meski Android menjadi sasaran utama malware, namun bukan berarti smartphone bersistem operasi lain kebal ancaman. Beberapa malware juga melirik iOS sebagai alternatif. Menurut laporan yang dirilis oleh lembaga keamanan internet, Beijing Rising Information Technology, ternyata telah terdeteksi lebih dari 800 ribu virus smartphone baru sejak tahun 2013 lalu. Ancaman utama adalah aplikasi yang disusupi virus sehingga bisa mencuri informasi pribadi atau mengurangi harga tanpa pemberitahuan di awal.

Baca Juga : Download Game Ppsspp

Smartphone Android merupakan target utama untuk aplikasi jahat karena memiliki sejumlah versi yang berbeda dan sulit bagi semua pemiliknya untuk melakukan update. Saat ini, Android adalah sistem operasi smartphone yang paling banyak dipakai di dunia, yaitu menguasai sekitar 75 persen pangsa pasar. Ponsel Android yang menggunakan sistem operasi terbuka dan bisa dikustomisasi oleh siapa pun menjadikan smartphone menjadi rawan virus. Dengan sistem terbuka inilah membuat celah bagi masuknya program jahat seperti virus, worm, dan juga Trojan horse. Virus smartphone umumnya disamarkan dalam tampilan menarik seperti game ataupun gambar, bahkan kadang-kadang diselipi kata-kata vulgar.

Peran pengguna dan antivirus Perlu diingat, antivirus atau mobile security sifatnya hanya membantu, dan akan bekerja optimal jika diiringi kebiasaan penggunaan yang baik oleh sang pemilik. Jika masih sebarang klik ini dan itu tanpa mengecek sumber yang jelas, maka sia-sia saja proteksi yang dilakukan. Tak jarang walau sudah dilindungi masih saja ada virus yang membandel masuk ke sistem gadget Anda dan mulai menjangkitinya. Kasus phishing, pencurian kredensial yang menggunakan rekayasa sosial kerap marak. Ketika masalah itu terjadi, dan Anda mulai menyalahkan kinerja antivirus yang ditanam, coba tanya diri Anda, Sudahkah gadget Anda diperlakukan dengan baik Jika tidak, maka jangan salahkan bila virus mulai datang dan menggerogoti ponsel kesayangan.