Kualifikasi mesin pencacah plastik murah

Seiring peningkatan pemakaian botol plastik menyebabkan timbulnya sampah botol plastik semakin menumpuk. yangmenuntut pengelolaannya dilakukan secara benar agar dapat mengatasi penumpukan sampah.

 

Hal ini dapat diatasidengan banyak cara, antara lain dengan menyusun botol plastik sedemikian rupa, sehingga kapasitas di dalam karunglebih banyak, merancang mesin pencacah yang nantinya akan digunakan untuk mencacah botol plastik sekaligusmemperkecil jumlah transportasi yang digunakan pengepul plastik untuk disetorkan ke pabrik daur ulang. Hal ini jugadapat mengurangi dampak sampah botol plastik yang semakin hari semakin banyak terutama di lingkungan KecamatanLawang Kabupaten Malang.

pencemaran lingkungan yang dapat menimbulkan masalah adalah pencemaran yangdisebabkan oleh sampah plastik karena sulit didaur ulang. Pengelolaan sampah hendaknya menerapkan proses – proses,seperti Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), Recycle (mendaur ulang), Replace (mengganti barangberpotensi sampah ke arah bahan recycle) seperti yang dilakuan saat ini yaitu mencacah plastik yang nantinya bisadigunakan kembali.

 

Konstruksi yang dirancang dan dibuat pada mesin pencacah botol plastik ini merupakan produkhasil modifikasi, yaitu produk yang sudah ada dengan mengalami perubahan – perubahan baik perubahan dalam bentukdan ukurannya, bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas, kualitas, penampilan dan keamanan pada mesinsehingga mudah dalam penggunaannya. Selain itu mesin pencacah botol plastik yang akan dibuat ini bersifat portablesehingga nantinya bisa dikembangkan kembali untuk pencacah sampah plastik berjenis lainnya. Hasil analisamenunjukkan bahwa dengan menggunakan mesin teknologi tepat guna dapat meningkatkan nilai jual botol plastikbekas karena botol plastik bekas ini dijadikan biji plastik sehingga perusahaan yang menggunakan bahan baku plastikdapat langsung memakainya menjadi produk. Dalam proses menggunakan mesin dipengaruhi oleh model rancanganmata pisau dan rpm mesin. Untuk mendapatkan kualitas dan kuantitas produk yang maksimal pada model rancanganmata pisau bentuk V dan menggunakan rpm 800 dengan hasil yang didapat bentuk biji plastik yang kecil dan hasil yangdidapat 1000 gram per menit.

 

Bagi calon pengusaha pengelolaan limbah plastik pemula , hal pertama yang sering mereka tanyakan adalah ” berapa sih harga mesin pencacah plastik ? ” . Kalau beli mesin ukuran kecil lebih murah ga ya ?

 

Untuk pertanyaan terakhir sebenar nya jawaban nya relative , khusus untuk mesin pencacah plastik ukuran tidak menentukan harga . Walaupun ukuran sama tapi harga terkadang berbeda .

Maksut nya ? …

 

Gini …

Misal nya ada mesin pencacah plastik merk A memiliki panjang pisau 30 cm dengan mesin penggerak diesel 16 pk , di jual di harga 17 juta .

Lalu ada juga mesin B dengan spesifikasi dan ukuran sama dijaul diharga 11 juta .

 

Kenapa harga nya bisa beda sepert itu ?

Penyebab nya di kualitas , misal mesin A ternayata bodi nya terbuat dari plat setebal 45 cm , sedangkan mesin B hanya di buat dengan plat 20 cm .

Nah disini lah penyeab perbedaan harga tersebut terjadi .

 

Nah bagi sobat yang baru mau memulai usaha pengolahaan limbah plastik , berikut ini penulis coba bagikan beberapa referensi harga mesin pencacah plastik termurah :

 

  1. Mesin dengan spesifikasi panjang pisau 20 cm , mesin penggerak 3 pk , body dibuat dari plat setebal 10 mm
  2. Mesin dengan spesifikasi panjang pisau 25 cm , mesin penggerak 5 pk , bodi dibuat dari plat kapal setebal 10 mm
  3. Mesin dengan spesifikasi panjang pisau 30 cm , mesin penggerak 16 pk , dengan ketebaan plat bodi sama
  4. Untu yang terakhir ini ( dan ini yang paling saya rekomendasikan ) , mesin pencacah plastik yang menggunakan panjang pisau 50 cm yang terbagi dalam 5 bagian dalam 1 row ( sering disebut model kuku macan )  . Sedangkan untuk mesin nya : penggerak mesin diesel 20 pk , chamber crusher terbuat dari plat baja 20 mm