Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Pepaya

Klasifikasi dari tanaman Pepaya adalah sebagai berikut :

  • Kingdom          : Plantae / tumbuhan
  • Subkingdom     : Tracheobionta / tumbuhan berpembuluh
  • Super Divisi      : Spermatophyta / menghasilkan biji
  • Divisi                : Magnoliophyta / tumbuhan berbunga
  • Kelas                 : Magnoliopsida / dikotil
  • Sub Kelas          : Dilleniidae
  • Ordo                  : Violales
  • Famili                : Caricaceae
  • Genus                : Carica
  • Spesies             : Carica Papaya L.

Berikut di bawah ini kami berikan morfologi tentang tanaman Buah Pepaya dari bunga hingga akar adalah sebagai berikut :

Bunga

Bunga adalah salah satu bagian dari tanaman Pepaya yang bermanfaat untuk mempertahankan kehidupan, contohnya adalah untuk penyerapan makanan lalu mengolahnya dimana bahan – bahan yang diserap merupakan bahan – bahan yang digunakan oleh tanaman Pepaya untuk pemenuhan kebutuhan hidup antara lain pernafasan, pertumbuhan, dllnya.

Seperti diketahui bahwa Pepaya adalah salah satu tanaman buah yang tergolong ke dalam tanaman bersifat poligami / ‘polygamus’ karena tanaman ini memiliki sebuah bunga jantan dan bunga betina.

Sifat poligami dalam hal ini dimaksudkan untuk menjelaskan tentang sifat – sifat tanaman yang erat hubungannya dengan sifat bunga memperlihatkan sebuah kombinasi yaitu bukan berumah satu / berumah dua.

Buah

Pepaya adalah salah satu kelompok buah – buahan yang bersifat buah sejati / tunggal. Yang dimaksud dengan buah tunggal adalah buah sejati yang memiliki masing – masing bunga adalah satu bakal buah.

Buah yang dimaksud memiliki beberapa biji. Tersusun rapi antara satu atau lebih seperti bentuk daun dari tanaman Pepaya tersebut.

Daging buah lunak, berair dan memiliki rasa manis serta bisa dimasukkan sebagai kelompok buah buni yang memiliki dinding tebal dimana rata – rata bentuk buah Pepaya adalah bulat atau lonjong.

Daun

Yang dimaksud dengan daun dalam hal ini adalah bagian terpenting dari tumbuhan dimana daun ini bersifat tunggal, berukuran besar serta memiliki bagian – bagian daun yang lengkap seperti vagina daun, tangkai daun, dan helaian daun.

Bentuk daun Pepaya cantik dan menarik yaitu bulat dengan ujung daun rata – rata meruncing, tangkai daun panjang dan berongga. Apabila melihat dari struktur susunan tulang daun, daun Pepaya termasuk daun – daun yang bersifat bertulang menjari / ‘palmineruis’ dimana daun – daun muda terbentuk dibagian tengah tanaman.

Akar

Akar merupakan bagian pokok terakhir di samping daun dan batang dari keseluruhan tanaman Pepaya yang bersifat ‘komus’. Maksudnya adalah akar – akar Pepaya memiliki sifat ‘radix advencita’ / akar serabut karena akar – akar dewasa bukan berasal dari calon akar asli yang baru akan muncul disebut dengan istilah akar liar dengan bentuk seperti serabut.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman Pepaya, semoga bermanfaat !

Sumber : Agroteknologi