Kerugian Mendesain Rumah Sendiri Tanpa Jasa Arsitek

kerugian tidak memakai jasa arsitek
Memiliki rumah dari hasil karya seorang arsitek merupakan kebanggaan dan kepuasan tersendiri bagi siapapun. Pasalnya desain hunian yang didesain oleh arsitek akan lebih bernilai istimewa dan lebih tertata rapi serta fungsional dibandingkan desain yang dibuat sendiri yang tentunya tidak sesuai dengan kebutuhan penghuninya. Namun untuk menggunakan jasa seorang arsitek, Anda harus menyiapkan anggaran yang berlebih untuk membayar jasanya disamping anggaran pembangunan yang mutlak harus dikeluarkan.

Minimnya anggaran pembangunan yang dimiliki terkadang mendesak banyak kalangan untuk membuat desain rumah sendiri berdasarkan keilmuan pembangunan yang seadanya. Padahal membangun rumah dengan dasar ilmu seadanya mampu menimbulkan masalah di kemudian hari pada sebuah bangunan rumah. Tak heran jikalau penggunaan jasa arsitek dalam membangun rumah merupakan langkah yang paling bijak dan tepat. Hal ini tak lain dan tak bukan untuk meminimalisir kerugian yang sering kali terjadi tatkala mendesain rumah sendiri. Lantas apa sajakah kerugian mendesain rumah sendiri tanpa jasa arsitek? Inilah penjelasannya untuk Anda.

Kerugian Mendesain Rumah Sendiri Tanpa Bantuan Jasa Arsitek

1. Tanpa Jasa Arsitek, Jadi Boros Anggaran Pembangunan

Disamping banyaknya keuntungan yang diterima oleh setiap pengguna jasa arsitek, terselip beberapa kerugian tatkala mendesain rumah sendiri tanpa bantuan arsitek. Salah satunya adalah membengkaknya anggaran pembangunan yang harus disiapkan. Apa penyebabnya? Karena dengan mendesain rumah sendiri, Anda tidak bisa menghasilkan denah tata ruang yang simple dan fungsional. Dari segi struktur juga tidak bisa Anda tentukan dimana jarak bentangan antar kolom yang terlalu besar, akan membuat dimensi ring baloknya juga makin besar, sehingga akan membuat material yang digunakan juga semakin banyak. Disinilah letak pemborosannya. Beda bila Anda memakai jasa arsitek dimana semunya sudah diperhitungkan oleh si arsitek karena mereka biasanya tahu ilmu struktur dan bahan material.

Sebagai contoh saat penulis dulu membangun rumah. Waktu itu penulis bersama suami sudah membuat rencana desain denah rumah sendiri yang kami sepakati bersama tanpa bantuan jasa arsitek. Untung sebelum dibangun, kami akhirnya memutuskan untuk mencoba memakai jasa arsitek dan menyerahkan hasil desain denah rumah yang telah kami buat sebelumnya tersebut kepada arsitek. Arsitek yang kami pakai waktu itu adalah Arsitek Online (www.ArsitekOnline.com) yang websitenya bisa Anda kunjungi disini: Jasa Arsitek.
Dan ternyata, setelah didesain ulang oleh Arsitek Online, anggaran yang sebelumnya menurut tukang 800 juta ternyata bisa dihemat hingga hanya butuh sekitar 650 juta dengan perbaikan ulang pada denah dan tampilan rumahnya. Alhasil, dengan memakai jasa arsitek, desain rumahnya makin cantik, bisa hemat biaya pembangunan 150 juta lagi. Setelah bayar jasa arsitek 38 juta, selebihnya dibelikan ke emas untuk investasi…he…he…he….

kerugian mendesain rumah sendiri tanpa arsitek

2. Tanpa Jasa Arsitek, Owner Tidak Memiliki Kekuasaan Penuh

Meskipun Anda memiliki hak atas proses pembangunan ini, namun Anda tidak dapat campur tangan secara penuh ketika tukang bangunan melakukan proses pembangunan. Pasalnya Anda awam tentang masalah pembangunan dan tidak ada yang mendampingi Anda untuk memberikan advice dan masukan-masukan saat proses pembangunan berlangsung. Hal ini menyebabkan tukang berkerja tanpa adanya arahan dan Anda tidak tahu apakah yang dilakukan tukang itu sudah benar atau salah dari segi struktur bangunan. Nah, ketika Anda menggunakan jasa arsitek maka kekuasaan penuh si tukang jadi terbatas dan terkontrol. Jalannya proses pembangunan tetap berada di bawah pengawasan arsitek sebagai wakil Anda. Jadi bila terjadi sesuatu yang menurut Anda kurang cocok yang dilakukan tukang dilapangan, Anda bisa berkonsultasi kepada arsitek sebab ia memiliki pengetahuan terhadap pembangunan yang dilakukan si tukang ini.

3. Tanpa Jasa Arsitek, Hasil Desain Tidak Maksimal

kerugian mendesain rumah tanpa bantuan jasa arsitek

Kalau ini tentu sudah jelas dan tidak perlu diterangkan lagi. Bagaimanapun, hasil desain yang dibuat dengan tangan Anda tentu berbeda dengan kualitas hasil desain yang dibuat arsitek. Memang kalau Anda desain sendiri, Anda bisa menghemat uang sekian juta tanpa harus membayar jasa arsitek, tapi bila rumahnya dibangun dan sudah berdiri, kepuasan terhadap hasilnya akan Anda rasakan sepanjang hidup Anda selama Anda menempati rumah tersebut. Tampilannya biasa saja, tidak ada yang menarik dari sosok bangunannya dan tidak akan ada kolega ataupun teman kantor Anda yang bertanya, “ihh… rumah kamu cantik banget… kesannya nyaman dan asri gitu… kamu desainnya pakai jasa arsitek ya….?”

Nah, itulah tadi ulasan mengenai kerugian mendesain rumah sendiri tanpa jasa arsitek yang bisa kami informasikan untuk Anda. Bagaimanapun, penggunaan jasa arsitek untuk merencanakan desain rumah adalah pilihan yang bijak. Semoga bermanfaat dan salam sukses.

Bagaimanapun mendesain rumah sendiri tanpa jasa arsitek kurang maksimal dan akan mendatangkan penyesalan di kemudian hari setelah rumah terbangun dan berdiri

——————