Jalan Tol Trans Sumatera Ramai Dilalui Pemudik

Jalan Tol Trans Sumatera Ramai Dilalui Pemudik

Jalan Tol Trans Sumatera Ramai Dilalui Pemudik – Keberadaan jalan tol Trans Sumatera dan Trans Jawa menyebabkan lebih banyak masyarakat menggunakan mobil pribadi. Arus balik Lebaran tahun ini hanya tiga hari.

Jalan tol Trans Sumatera sepanjang 1.200 km dari Bakauheni– Terbanggi Besar dan selanjutnya akan terhubung ke Kota Palembang, Dermaga Premium Pelabuhan Bakauheni, dan pengoperasian Bandara Gatot Soebroto di Way Kanan. Itulah sejumlah infrastruktur baru di Provinsi Lampung yang disiapkan pemerintah untuk menyambut arus mudik dan arus balik Lebaran 2019. “Ini bentuk keseriusan pemerintah menyiapkan infrastruktur untuk kenyamanan, keamanan, dan pelayanan terhadap masyarakat sehingga MudikSelamatGuyubRukun bisa terwujud, ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiadi.

Dirjen Hubdat menjadi keynote speaker dalam Dialog Publik Konektivitas Membangun Bangsa yang diadakan Kementerian Perhubungan bersama media ternama di Cafe Woodstairs, Bandar Lampung, Selasa, 23 April 2019. Sekitar 150 mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Lampung menyaksikan dialog ini. Sejumlah pejabat Kemenhub, pimpinan kantor Dinas Provinsi Lampung, perwakilan Polda Lampung, dan pimpinan institusi terkait pun turut hadir. Dirjen Budi Setiadi juga menyampaikan sejumlah hasil riset Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenhub.

Diperkirakan lebih dari 18 juta penduduk Jabodetabek yang akan mudik, termasuk di antaranya akan menyeberang ke Lampung dan Palembang. Tiga tujuan mudik masih didominasi Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat. Hasil riset lainnya pengguna mobil pribadi diperkirakan mencapai 4,3 juta, diikuti bus yang akan mengangkut 4,4 juta penumpang. Pemerintah pusat juga mendorong agar masyarakat tidak menggunakan sepeda motor saat mudik Lebaran. Alasannya, pemudik yang menggunakan sepeda motor berpotensi menjadi penyebab atau korban kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu, Kemenhub dan sejumlah BUMN telah menyiapkan bus gratis untuk angkutan Lebaran.

Dirjen Hubdat juga mengingatkan kepada pengelola pelabuhan, bandara, dan jalan tol untuk mewaspadai Puncak Arus Mudik yang diperkirakan pada Kamis, 31 Mei 2019 dan Puncak Arus Balik pada 8–9 Juni 2019. Waktu arus balik lebih pendek dari waktu mudik, yakni tiga hari berbanding enam hari, ujarnya. Di kesempatan yang sama, Gubernur Lampung, Ridho Ficardo, mengatakan pihaknya sebagai tuan rumah perhelatan akbar mudik dari Jawa ke Sumatera telah menyiagakan sejumlah instansi seperti dinas kesehatan, dinas perhubungan, kepolisian daerah, rumah sakit, dan lain-lain.

Terkait jalan tol Trans Sumatera yang di beberapa bagian masih bersifat fungsional, Gubernur Lampung mengingatkan agar pihak-pihak terkait dapat menghindari antrean kendaraan panjang untuk mobil pribadi seperti di exit tol Brebes (Brexit). Ini jangan sampai terjadi di Lampung. Harus disiapkan secara teknis oleh kantor dinas terkait, ucapnya. Gubernur Lampung juga berharap pengelola ASDP dapat mengatur penyeberangan kapal roro dari Merak–Bakauheni dan sebaliknya untuk menghindari penumpukan kendaraan. Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat, Ahmad Yani, mengatakan untuk menghindari kasus Brexit, diperlukan koordinasi yang baik dinas perhubungan, dinas pekerjaan umum, dan Direktorat Lalu Lintas Polda Lampung.

Pembatasan lalu lintas angkutan barang dan pengaturan pasar tumpah juga patut diperhatikan, Komando di lapangan ada di Polantas, siapa melakukan apa di lapangan menjadi hal penting, katanya. Kepala UPBU (Unit Penyelenggara Bandar Udara) Radin Inten II, Asep Kosasih menekankan aspek keselamatan dan keamanan untuk melayani penumpang pesawat yang mencapai 6.000– 8.000 orang per hari saat puncak mudik Lebaran. Salah satu aspek keselamatan yakni pengawasan reguler oleh inspektur dari Otoritas Bandar Udara Wilayah I.

Saat mudik hati-hati dalam menggunakan anggaran, sebab uang yang anda punya tidak hanya untuk mudik saja, setelah lebaran masih banyak keperluan yang harus dibayar. Jika uang habis untuk mudik, bisa-bisa kedepanya terpaksa anda harus mencari pinjaman dan harus berfikir keras cara melunasi hutang yang anda miliki.