Istilah-Istilah Dalam Polis Asuransi dan Manfaatnya

Bagi Anda yang baru mendaftar asuransi mobil, mungkin belum paham tentang Polis Asuransi Mobil. Bagi nasalah asuransi, wajib tahu tentang apa itu polis dan apa manfaatnya. Dengan demikian, kedepan akan lebih mudah dalam mengurus klaim maupun dalam memahami aturan dalam dunia asuransi.

polis asuransi

Sebenarnya akan lebih bijaksana jika sebelum mendaftar asuransi mobil, Anda pahami dulu istilah-istilah di dalamnya. Atau jika Anda tidak sempat atau merasa malu bertanya, maka bisa Anda pelajari dalam ulasan ini.

 

Pengertian Polis Asuransi Mobil

Polis asuransi adalah sebuah dokumen tertulis yang isinya berupa kesepakatan antara pihak asuransi dan juga nasabah. Semua tanggung jawab pihak asuransi maupun nasabah ada dan tertulis dalam dokumen ini.

Jika kita mau menyederhanakan, istilah mudahnya adalah kontrak. Di sana pihak asuransi maupun nasabah harus menyepakati persetujuan yang dibuat di awal kontrak. Dokumen ini sah di mata hukum. Sehingga jika terjadi pelanggaran pihak nasabah dapat menunyut pihak asuransi.

 

Manfaat Polis Asuransi Mobil

Setelah tahu pengertiannya, maka saatnya kita tahu fungsinya. Polis asuransi ini memiliki fungsi yang besar. Di sinilah ada ikatan yang berdasarkan hukum yang harus dipenuhi.

polis asuransi terbaik

Secara detail, inilah fungsi dari Polis Asuransi Mobil:

  • Sebagai dokumen perjanjian yang bersifat mengikat antara perusahaan asuransi dan juga nasabah
  • Memiliki kekuatan hukum hingga nasabah berhak menuntut pihak asuransi atas klaim yang seharusnya diberikan
  • Meminimalkan pelanggaran aturan asuransi baik oleh perusahaan maupun nasabah, karena perjanjian sah di mata hukum.
  • Polis asuransi bisa dijadikan bukti¬† bahwa nasabah telah menyetorkan premi kepada pihak asuransi.
  • Tertuangnya besaran ganti rugi yang harus diberikan perusahaan jika terjadi kerugian pada nasabah. Jika klaim tidak diberikan berdasarkan kontrak, maka nasabah bisa menuntut pihak perusahaan asuransi.
  • Memudahkan dalam mencairkan klaim. Pihak nasabah perlu mencatat nomor polis yang dimiliki. Karena dengan nompr polis maka nasabah lebih mudah dan cepat mengurus klaim.

 

Istilah-istilah dalam Polis Asuransi Mobil

Dalam dunia asuransi terdapat istilah-istilah tertentu. Hal ini khususnya tertuang dalam polis asuransi mobil yang berupa kontrak atau perjanjian. Bagi nasabah yang masih awam, perlu tahu arti dari istilah-istilah berikut ini:

Harga pertanggungan

Istilah ini untuk menggambarkan harga atau nilai beli mobil maupun kendaraan bermotor. Nilai beli ini ada dalam polis asuransi dan menjadi patokan besaran maksimal yang akan pihak asuransi berikan pada nasabah jika ada kerugian.

1.Harga pasar

Harga pasar adalah nilai jual dari mobil yang diasuransikan di pasaran yang bisa diperoleh oleh pemegang polis atau nasabah.

 2.Premi

Sudah banyak orang tahu, premi adalah jumlah uang yang harus dibayarkan oleh nasabah asuransi. Uang ini sebagai imbalan dari layanan jasa perusahaan asuransi. Besaran premi tertuang pula dalam polis asuransi mobil.

Pembayaran ini bisa dilakukan secara tahunan maupun bulanan sesuai dengan kesepakatan di awal perjanjian. Semua pembayaran yang diberikan tidak termasuk biaya administrasi maupun materai.

3. Total lost

Total lost berarti pihak penanggung asuransi akan mengganti semua kerugian yang terjadi pada mobil yang diasuransikan. Kerusakan yang bisa dikaim bila mencapai 75%. Bisa pula berupa kehilangan mobil akibat pencurian atau perampasan.

4.All risk

Dalam All Risk, pihak penanggung akan mengganti semua kerugian baik sebagian maupun keseluruhan. Ketentuan ini ada dalam polis asuransi mobil.

5.Deductible

Deductible adalah beban dari nasabah pada setiap kerugian yang terjadi yang dihitung dari jumlah ganti rugi.

6.SPPA

SPPA adalah Surat permintaan penutupan Asuransi. Surat ini ditulis lalu diajukan oleh nasabah ke pihak asuransi. Melalui surat ini, nasabah bisa mengajukan klaim meskipun polis asuransi belum dipegang. Hal ini memungkinkan karena perjanjian sudah berlaku sejak kesepatakan dilakukan.

One Comment