Ide Menulis Blog Menjadi Hilang Saat Depan Laptop? Ini Solusinya …

Sempatkah Kamu merasa begitu bergairah dalam menulis sebuah topik?

Mungkin di dalam benak timbul perkataan indah bait demi bait seolah-olah Kamu dapat dengan begitu detilnya menggambarkan topik tersebut. Serta sebagian disaat setelah itu ketika akan mencurahkannya ke dalam wujud bacaan atau tulisan, baik itu di kertas, maupun aplikasi word processor di pc/laptop, tiba-tiba ilham tulisan serta ide yang telah tersusun mendadak lenyap?

Saya percaya banyak dari Kamu yang sering menghadapi hal seperti ini. Seolah-olah Kamu tiba-tiba speechless semacam saat akan melamar seorang wanita idaman, ketemu dengan calon mertua, serta Kamu dikelilingi oleh banyak orang. Keringat pun bercucuran serta tangan menjadi dingin.

Hehehe.. Maaf, agak lebay sedikit dalam menyampaikannya…

Tetapi memang sudah menjadi realitas, orang-orang tentu sempat menghadapi hal itu paling tidak sekali seumur hidup. Namun terkadang kita sulit menulis saat mau menulis. Jika sahabat yang dari jurusan non-eksak tentu pastinya bakalan tidak asing lagi dengan pengalaman ini, yaitu kerap sekali menghadapi sulit menulis saat lagi tes pada mata pelajaran sosial. Tentu banyak mengarang indahnya. Seakan keahlian kita benar-benar diuji.

Menulis itu ibarat kita yang lagi sedang berdialog, perbedaannya jika menulis kita berdialog melalui tulisan. Otak akan berpikir, serta tangan akan mengeksekusi. Nah, yang menjadi masalah kita tidak sering melatih hal seperti ini.  Oleh sebab itu saat akan mencurahkan apa yang terdapat di dalam benak kita dalam wujud tulisan, seluruh ide yang telah tersusun jadi lenyap begitu saja. Boom…

Writer’s Block

Ini adalah hasil dari apa yang saya tanya dari mbah Google, orang yang mau menulis serta tiba-tiba seluruh idenya menghilang mendadak kerap juga dikatakan sedang mengalami yang namanya Writers Block.

Saya boleh bilang, itu merupakan suatu kondisi mental  seseorang yang berkata pada pribadinya sendiri seolah-olah “ aku ingin menulis apa ya?”. Sehingga dengan munculnya mantra tersebut, ide kita menjadi benar-benar lenyap seketika.

Sulit Menulis, Apakah memang ada Solusinya?

Jujur saja, saya sebenarnya belum sempat melakukan survey atau bertanya kepada banyak orang tentang bagaimana cara mengatasi sulit menulis ini. Terlebih lagi saya bukanlah seorang wartawan, atau orang yang ahli di bidang sastra.

Saya akui, menulis memanglah hal yang sulit. Karena memerlukan kerja keras, kesabaran serta pengabdian untuk melaksanakannya.

Baca juga : 15 Tips Blogging untuk pemula

Tetapi pengalaman saya menjadi sangat meyakinkan, disaat saya terus berupaya untuk senantiasa menulis, serta berupaya jujur dengan perasaan hati akan menulis, hingga ilham dalam benak kita akan mulai mengalir. Seperti rembesan air hujan yang sebelumnya cuma berbentuk tetesan kecil tetapi perlahan menjadi aliran yang mengucur dengan deras.

Yang butuh Kamu jalani hanyalah senantiasa dalam menulis serta persilahkan apa yang ada dalam benak Kamu menghasilkan kata bait demi bait, kemudian perintahkan tangan Kamu untuk menuliskannya dengan segera, TANPA EDIT!.

Proses edit nantinya dapat kita jalani sehabis seluruh tulisan selesai atau berakhir tiap paragraf. Kita dapat seleksi mana yang lebih cocok. Dengan begitu, Kamu sama saja seperti memberikan ijin pada otak Kamu untuk membuka kunci gembok Writers Block dengan sendirinya, melalui fitur self-unlock yang telah tertanam pada otak kita.

Bagaimana hebat bukan?

Jadi by the way, bila Kamu merasa panduan cara mengatasi sulit menulis ini cukup berguna, tolong bagikan juga tulisan ini untuk menolong orang lain yang juga sedang mengalami Writers Block yah. Mudah-mudahan tulisan ini menjadi lebih bermanfaat untuk kedepannya.