Hadits Keutamaan Menuntut Ilmu Agama

Hadits Keutamaan Menuntut Ilmu Agama

Semakin maraknya dunia kajian yang tersebar di masjid masjid di seluruh Indonesia dan masifnya video keagamaan di youtube juga banyaknya blog yang membahas tentang ilmu syar’i, maka banyak dari kita yang bertanya lebih jauh hadist tentang menuntut ilmu, terutama hadist tentang kewajibannya dan juga keuntungan atau fadhilah menuntut ilmu.

Di sini akan kami tuliskan hadist menuntut ilmu tentang kewajiban dan keuntungan pahala orang yang melakukan kegiatan belajar agama islam atau orang yang menuntut ilmu syari.

Hadits Tentang Kewajiban Menuntut Ilmu

Dalam dunia kajian, hadist ini sudah tidak asing lagi, dan menjadi sandaran atas mereka dalam semangat menuntut ilmu, karena kalaulah ada amalan yang di perintahkan dengan kewajiban maka meninggalkannya adalah perbuatan dosa, maka mereka menjaga agar amalan menuntut ilmu ini selalu mereka kerjakan, dan jika ada rasa malas yang datang maka caranya adalah dengan memaksakan diri untuk tetap hadir di majelis ilmu.

Hadist yang menerangkan tentang kewajiban menuntut ilmu adalah,

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Artinya: “Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim” hadist ini di riwayatkan oleh Ibnu Majah no. 224

Makna dari hadist ini sudah jelas bahwa kegiatan atau amalan menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap orang yang mengaku beragam islam, seperti sudah di jelaskan di atas bahwa jika kita meninggalkan kewajiban maka konsekuensinya adalah dosa, jadi jangan anggap sepele masalah ini.

Dan kita sudah mahfum bahwa kebanyakan masyarakat kita tidak mengetahui tentang kewajiban menuntut ilmu, sehingga banyak orang yang acuh terhadap ajakan ke majelis ilmu, tapi seperti yang kami tuliskan di paragraf awal, geliat kajian sudah mulai bangkit, walaupun masih terfokus di kota kota besar saja, tapi tetap ini patut kita syukuri.

Hadist Tentang Keutamaan Mendatangi Majelis Ilmu

Sekarang kita masuk ke hadist tentang keutamaan datang ke majelis ilmu, seperti pada umumnya dalam syariat kita, bahwa setiap kewajiban akan mendapatkan ganjaran pahala yang sangat besar, di bandingkan dengan amalan sumnah, begitu juga tentang keuntungan dan keutamaan dari mendatangi majelis ilmu, seperti dalam hadist berikut.

Hadist riwayat Imam Muslim yang berbunyi:

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا، سَهَّلَ اللهُ لَهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Artinya: Barang siapa yang berjalan untuk mencari ilmu, Allah akan memudahkan dirinya jalan menuju surga. hadist dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu [HR. Muslim].

Hadist tentang keutamaan menuntut ilmu ini terbilang luar biasa, bagaimana tidak, hanya dengan mendatangi majelis ilmu kita akan di berikan kemudahan oleh ALLAH jalan menuju surga.

Dan tahukah anda surga paling bawah saja besarnya 10 kali luas dunia ini. Taruhlah kita mendapatkan surga paling rendah dan kita hanya melakukan amalan ringan yaitu mendatangi majelis ilmu, apakah itu bukan suatu balasan yang luar biasa.

Manusia Menginkan Kemudahan

Dan seperti kebanyakan manusia bahwa tabiatnya menginginkan kemudahan, baik dalam hal apapun terkhusus masalah duniawi, lalu setelah membaca hadist di atas apakah kita ada keinginan untuk mendatangi majelis ilmu? atau biasa saja, kalau tidak ada keinginan untuk mendatangi majelis ilmu padahal sudah tahu keutamaannya, maka selayaknya anda instropeksi diri, ini pasti karena dosa yang ada pada kita.

Segera bertaubat dan datangi majelis ilmu, agar dapat kepahaman agama dan ketenangan hidup.
Kami rasa cukup dengan dua hadist menuntut ilmu ini saja seharusnya kita bisa semangat dalam belajar agama islam.

Baca juga tentang bagaimana belajar agama islam dengan benar agar kita mendapatkan pemahaman agama dengan benar, silahkan baca: Memahami Islam Dengan Benar.