Fakta Unik Tentang Semut yang Harus Kamu Ketahui

Fakta Unik Tentang Semut yang Harus Kamu Ketahui

Semut adalah serangga yang berasal dari family formicidae, Mereka termasuk dalam ordo “Hymenoptera” dan memiliki hubungan kekerabatan dengan lebah.

Sebagian besar populasi dari mereka hidup di wilayah tropika, mereka ada dimana-mana, Semut bisa hidup hampir di semua daratan bumi.

Mereka hidup dalam koloni besar dengan pembagian tugas yang rapi antar anggota koloni, mereka adalah pekerja yang tekun tidak hanya dalam beternak seperti manusia mereka juga hewan sosial, semut memiliki cerita yang cukup luar biasa karena sifat mereka memiliki kemiripan dengan manusia Binatang dengan otak paling besar proporsinya jika dibandingkan dengan keseluruhan tubuhnya adalah semut.

Mereka dikenal sebagai salah satu spesies paling cerdas di antara serangga-serangga lainnya. Mereka memiliki sekitar 250.000 sel otak di kepalanya. Yang salah satunya bisa bermanfaat untuk usir lalat.

Semut telah memulai bertani dan berkebun 50 juta tahun lebih awal sebelum manusia untuk meningkatkan jumlah makanan mereka.

Para semut menggunakan teknik hortikultura yang sangat canggih untuk meningkatkan hasil panen mereka. Mereka mensekresikan zat kimia yang kaya antibiotik untuk menghambat pertumbuhan jamur.

Sistem (Sarang) mereka juga dibangun dengan sistem yang sangat canggih untuk mengontrol temperatur dan kelembapan. Antara spesies semut yang berbeda, bahkan yang sama sekali pun terkadang “bertarung” dan “berperang” satu sama lain, dan peperangan ini bisa berlanjut selama beberapa jam, hari bahkan minggu.

Salah satu pertempuran semut yang paling luas jangkauaanya adalah pertempuran sejenis Pavement Ant. Dan pertempuran paling besar adalah antara superkoloni semut Argentina yang menyebabkan jatuhnya jutaan korban semut yang tewas dalam sehari saja.

Beda lagi dengan semut Amazon, mereka adalah sejenis semut yang suka “memperbudak” semut lain untuk dijadikan pekerja. Mereka mendapatkan budak dari hasil invasi ke sarang semut lainnya.

Sebelum menyerang mereka akan mengobservasi sarang lawan. Setelah dua hari, semut amazon pun langsung menyerang, dengan mudah mereka menaklukkan lawannya yang rata-rata telah panik dan tidak terorganisir sama sekali.

Budak pun didapatkan Jika dikalkulasikan, 10% dari keseluruhan hewan di dunia merupakan semut. Dan jika ditimbang, jumlah massa semua semut di bumi sama dengan jumlah massa semua manusia di bumi Semut argentina merupakan jenis semut yang suka menyerang.

Mereka membentuk superkoloni yang besar dan banyak sekali di Kalifornia, AS.

Superkoloni tersebut memiliki jutaan sarang dengan jangkauan hampir ratusan mile (ratusan kilometer) dan kedalaman sarang 6 meter ke bawah. Semut dari sarang yang berbeda namun dalam satu koloni sangat jarang terlihat saling serang satu sama lain.

Superkoloni terbesar terdapat di Kalifornia bagian selatan, dengan panjang 600 mile (sekitar 965 kilometer). Semut pekerja hanya mampu bertahan hidup selama 45-60 hari, bandingkan dengan sang ratu semut yang bisa hidup hingga berumur 20 tahun.

Dan ketika sang ratu mati, koloni semut tersebut hanya bisa bertahan beberapa bulan. Di Afrika dan Asia, ada spesies semut yang bisa membunuh dan memakan binatang lain yang lebih besar dengan cara “mengeroyokinya”. Semut itu dikenal dengan nama Driver Ant, Safari Ant dan Siafu.

Jenis semut itu merupakan pemburu yang sangat kuat, dan mereka memanfaatkan jumlah mereka saat mengincar mangsa. Driver ant pernah ditemukan membunuh bayi manusia dan kuda yang sedang diikat di kayu.

Driver ant akan membunuh apapun yang berada di dekat sarang mereka, bahkan 100.000 ekor binatang mati dalam sehari karena koloni semut ganas ini.

Semut ini juga suka berpindah-pindah untuk mencari mangsa, seperti serangga, laba-laba, kadal, ular, ayam dan binatang kecil lainnya. Terkadang memanjat pohon dan menyerang burung di sarangnya. Jadi Bersyukurlah jika anda tidak pernah bertemu dengan koloni semut ini, karena mereka hanya tinggal di hutan.

Semut selain suka bertani, berburu dan berperang, mereka juga suka beternak. Dan yang mereka ternakkan bukanlah ayam, kambing apalagi sapi.

Yang mereka ternakkan adalah Kutu Daun atau Aphid, mereka adalah sejenis kumbang.

Semut madu mendapatkan madu yang manis dar hasil sekresi aphid tersebut. Semut akan melindungi dan memberi makanan kumbang. Mereka memilihkan tanaman yang cocok untuk Aphid untuk tinggal dengan aman. Jika ada predator atau parasit datang, maka semut tersebut akan memboyong aphid ke tempat lain.

Mereka akan mempertahankan dan membela aphid.

Slave-Maker ant merupakan jenis semut yang suka menggerebek sarang semut lain dan mencuri pupa mereka. Dan ketika pupa tersebut menetas, dan menjadi semut, semut tersebut kemudian dijadikan budak dalam koloni. Sang ratu semut berukuran lebih besar daripada pekerjanya.

Mereka memiliki thorax dan abdomen yang lebih besar daripada pekerjanya. Setelah menemukan koloni baru, tugas sang ratu adalah untuk menghasilkan semut pekerja yang banyak, semut jantan dan ratu lainnya. Mereka bisa hidup selama 20 tahun dan bisa memproduksi ribuan telur dalam hidupnya.

Semut jantan memiliki tubuh yang paling kecil dalam kasta semut.

Tugas mereka hanya satu, yaitu membuahi sang ratu saat ritual mereprodusi.

Dan akan mati setelah beberapa hari. Semut pekerja memiliki tugas mencari makan, merawat bayi, membangun sarang dan menjaga koloni serta ratu.

Semut tentara yang bercirikan memiliki kepala yang besar bertugas untuk menjaga sarang mereka dari serangan musuh.