Enam Tips SEO Untuk Membuat Video Anda Lebih Mudah Ditemukan

Anda memahami kekuatan pemasaran konten dalam menarik dan mempertahankan pelanggan. Anda sudah memiliki dan menjalankan saluran YouTube, dan Anda memiliki beberapa konten yang benar-benar hebat di sana, tetapi video Anda tidak mendapatkan keterlibatan yang cukup. Kedengarannya relatable? Inilah yang hampir 3 dari 5 perusahaan yang terlibat dalam pemasaran konten, dan itu membuat mereka mempertanyakan apakah investasi mereka dalam video benar-benar layak.

Mengapa ini terjadi? Itu karena algoritma YouTube berbeda dari Google.

search engine optimization

Sederhananya, mengoptimalkan situs web Anda sendiri untuk mesin pencari Google tidak akan berbuat banyak untuk video Anda di YouTube. Seperti halnya situs web, taktik Optimasi Mesin Pencari (SEO) sangat penting untuk konten video.

SEO video adalah proses menggunakan taktik tertentu untuk memastikan video Anda ditemukan online. Saat membangun bisnis, video dapat digunakan untuk berbagai fungsi – mulai dari pembaruan produk hingga rekrutmen hingga komunikasi pemangku kepentingan – dan setiap video harus berbicara kepada segmen audiens yang spesifik. Tetapi, dalam lingkungan yang dipenuhi dengan konten video dari merek pesaing, ini berarti lebih dari sekadar memotret dan mengunggah lebih banyak video.

Sebuah video yang dioptimalkan dengan baik untuk mesin pencari akan muncul setiap kali pertanyaan terkait diketikkan ke dalam kotak pencarian Google (atau YouTube). Misalnya, ketika menelusuri: “Apa kartu kredit terbaik?” Di Google, video yang dioptimalkan akan mendapat peringkat tinggi di beberapa posisi teratas, mendapatkan tampilan terbanyak – dan akibatnya adalah tempat yang cerdas bagi perusahaan kartu kredit untuk membuat konten video.

Untungnya, SEO dasar tidak menakutkan seperti kedengarannya. Untuk mendapatkan peringkat video Anda di beberapa posisi teratas di Google dan YouTube, ikuti enam langkah langsung ini untuk memastikan video Anda melakukan yang terbaik dan mendapatkan tampilan yang layak.

  1. Gunakan Kata Kunci Target Tepat

Mengetahui apa yang dicari orang dan menggunakan kata kunci yang relevan di video Anda meningkatkan peluang mereka tampil di bagian atas hasil pencarian. Semakin tepat kata kunci Anda, semakin sedikit kompetisi yang harus Anda peringkat untuk mereka.

  1. Gunakan Kata Kunci Anda dengan Bijaksana

Setelah Anda menemukan kata kunci Long-Tail yang tepat untuk video Anda, gunakan dengan bijak tetapi bebas, dalam nama file video Anda, judul, deskripsi dan transkrip meta, cap waktu dan ringkasan keseluruhan, karena ini adalah algoritma pencarian informasi yang digunakan untuk menentukan secara akurat relevansi konten video Anda

  1. Buat Thumbnail Kustom

Thumbnail menarik yang muncul di hasil pencarian bisa menjadi faktor penentu bagi seseorang untuk mengklik video Anda.

  1. Publikasikan Posting Blog yang Menargetkan Kata Kunci yang Sama

Ini bermanfaat karena baik pos maupun videonya dapat diperingkat di Google. Sematkan video dalam posting blog dan tautkan ke blog dalam deskripsi video. Semakin banyak lalu lintas yang Anda dapatkan ke posting blog, semakin banyak tampilan yang bisa Anda dapatkan untuk video Anda, dan sebaliknya.

  1. Dorong Interaksi Pemirsa

Sertakan ajakan bertindak ke dalam video Anda. Tampilan, suka, komentar, dan sematan dianggap sebagai interaksi pemirsa yang menguntungkan, membuat video Anda lebih mungkin muncul di hasil pencarian. Juga, umpan balik pemirsa dapat membantu memandu konten di masa depan!

  1. Promosikan Video Anda

Sematkan di situs web Anda, bagikan di media sosial dan gunakan di buletin Anda atau email pemasaran – dan pada dasarnya, sebarkan saja. Dan, jangan takut untuk menempatkan anggaran di belakang video utama .