Ekonomi Digital Dunia dan Pengaruhnya pada Perekonomian Indonesia

Di era globalisasi ini banyak sekali perkembangan yang terjadi di segala bidang dan aspek kehidupan yang dapat kita manfaatkan dan kita rasakan untuk mempermudah hidup kita. Ada banyak manfaat di era globalisasi ini, di antaranya dalam bidang pendidikan, informasi, teknologi, dan juga dalam bidang ekonomi. Dalam bidang ekonomi terdapat sistem ekonomi digital.

Apakah Ekonomi Digital Itu?

future digital

Sistem ekonomi digital merupakan bukti dari majunya teknologi. Sistem ekonomi digital merupakan sistem penataan dalam ekonomi yang diterapkan dalam media digital. Sistem ekonomi digital dunia juga terjadi dan perkembangannya sangat pesat.

Ekonomi digital dunia dirasakan oleh seluruh negara-negara yang ada di semua belahan dunia. Ekonomi digital dunia memang sangat marak dan berkembang luas secara cepat saat ini. Ekonomi digital memiliki berbagai manfaat yang dapat dirasakan oleh berbagai negara yang ada di dunia. Salah satunya adalah Indonesia.

Dengan sistem ini, Indonesia dapat dipermudah melalui sektor pembayaran pajak. Dengan cara ekonomi manual, Indonesia membayar banyak. Namun melalui sistem ekonomi digital ini Indonesia dapat lebih sedikit membayar pajaknya. Karena sistem ini lebih simpel,cepat, efektif, dan efisien. Namun sistem ekonomi digital ini juga ada dampak negatifnya bagi Indonesia. Dimana Indonesia merasakan persaingan yang sangat kuat di dalam sistem ini.

Keberadaan internet dan smartphone sangat mendukung perkembangan ekonomi yang dilaksanakan dengan sistem online. Karena dunia digital memang sangat erat hubungannya dengan sistem online, internet dan lain sebagainya.

Karena itulah, saat ini ekonom yang bisa berkompetisi di dunia ekonomi yang bersifat digital hanya mereka yang paham tentang teknologi informasi, atau yang lebih sering disingkat dengan IT. Ya, bagaimana pun juga, IT memang tidak bisa dilepaskan dari sistem online yang merupakan fokus utama ilmu tersebut.

Bagaimana Pengaruh Ekonomi Digital di Dunia Terhadap Indonesia?

Mulai dari teknik pemasaran, pengenalan produk, penjualan produk, penguasaan IPTEK dalam sistem ekonomi digital, dan masih banyak lagi yang dapat dilihat dari sisi negatifnya. Tetapi adanya sistem ekonomi digital ini kita dapat memanfaatkannya sebagai evaluasi ataupun sebagai acuan dalam langkah kita untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia kita.

Khususnya dalam penguasaan IPTEK di bidang ekonomi digital. Memang perlu kualitas sumber daya manusia (SDM) kita tingkatkan lagi supaya tidak kalah saing dengan negara-negara lain yang notabene lebih maju penguasaan teknologinya dari pada kita (Indonesia). Selain untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia, adanya ekonomi digital ini bisa kita manfaatkan sebagai peluang untuk Indonesia.

Jadi, selain memperbanyak ekonom, di Indonesia harus juga diperbanyak lulusan IT atau setidaknya dibuka pelatihan IT. Hal ini penting agar lulusan pendidikan tinggi di Indonesia juga menguasai IT. Mengapa demikian? Karena jika sudah mahir ekonomi tetapi tidak mahir IT maka tidak akan dapat mengejar ketertinggalan di era digital.

Sebaliknya, jika hanya bisa IT saja tanpa menguasai konsep-konsep ekonomi maka pastinya para lulusan pendidikan tinggi ini tidak dapat membuat bisnis menjadi maju. Maka dari itu, satu orang yang dapat menguasai ekonomi dan IT akan menjadi kunci kesuksesan sebuah perusahaan, lembaga pemerintahan dan lain sebagainya jika dihbungkan dengan ekonomi yang dijalankan secara digital.

Peluang untuk memperkenalkan produk-produk Indonesia ke mancanegara atau dunia luar. Jadi dengan adanya sistem ekonomi digital dunia dapat kita ambil atau rasakan dampak positif maupun dampak negatifnya. Tergantung kita melihatnya dari aspek apa.