Contoh Teks Eksplanasi Sampah Terbaru 2019

Contoh teks eksplanasi – Teks eksplanasi adalah teks yang membahas fenomena yang terjadi di masyarakat secara keseluruhan dan mendalam. Fenomena yang disajikan dalam teks eksplanasi dapat berupa fenomena alam dan sosial. Teks ini informatif yang menjelaskan sesuatu sehingga pembaca memahami dan memahami masalah yang juga merupakan fenomena yang telah atau sedang terjadi di tengah-tengah kehidupan sosial. Di bawah ini adalah contoh teks eksplanasi yang membahas tentang sampah :

Contoh 1:

Jenis sampah dan dampak yang di pengaruhinya

Sampah adalah bentuk zat yang tidak memiliki nilai di dalamnya, sangat mengganggu dan keberadaannya cenderung menimbulkan kerugian. Limbah dapat berupa benda-benda mulai dari konsumsi, produksi, sisa penggunaan dan sebagainya. Tergantung pada bentuknya, limbah dapat dibagi menjadi dua jenis, termasuk limbah organik dan limbah anorganik.

Sampah organik adalah sejenis sampah yang dapat terurai oleh bakteri kerusakan. Misalnya, seperti limbah daun, buah-buahan, sayuran, sisa makanan dan sebagainya. Jenis limbah ini diklasifikasikan sebagai limbah ekologis yang dapat diubah menjadi sesuatu yang bermanfaat di sektor-sektor tertentu. Misalnya, limbah daun yang bisa dijadikan kompos yang berguna untuk tanaman di sektor pertanian dan pertanian. Sementara anorganik itu adalah jenis limbah yang tidak dapat diurai oleh bakteri kerusakan. Contoh limbah jenis ini termasuk plastik, kaleng, aluminium, rangka besi dan sebagainya.

Sampah adalah masalah yang tidak bisa diremehkan. Dalam jumlah besar, sampah bisa sangat mengganggu baik dari segi kesehatan, kenyamanan dan keindahan di lingkungan masyarakat. Dampak yang ditimbulkan oleh sampah sangat beragam, mulai dari munculnya berbagai penyakit, polusi udara, banjir, bau tak sedap dan banyak lainnya. Sampah dalam jumlah banyak juga akan merusak lingkungan dan menimbulkan bau. Bau tidak sedap dan kotoran yang terkandung dalam sampah tentu saja dapat mengundang bakteri yang berpotensi menyebabkan berbagai penyakit.

Tidak hanya menyebabkan berbagai jenis penyakit, sampah juga bisa menjadi penyebab munculnya bencana alam. Banjir yang disebabkan oleh limbah ini juga mengakibatkan kerugian baru seperti timbulnya penyakit kulit, DBD dan kerugian materi yang besar. Banjir yang disebabkan oleh sampah mulai dari pembuangan limbah sungai yang terus menerus dan terus menerus dalam jumlah besar. Ini tentu akan menyebabkan kesulitan dalam mengalirkan air, menutupi sungai, membatasi wilayah sungai, dll. Jadi Anda berakhir dalam bencana. Banjir yang terjadi akibat sampah tentu akan sangat berbahaya bagi lingkungan, terutama dalam semua aspek dan sendi kehidupan manusia.

Banyak efek negatif yang bisa disebabkan oleh limbah. Di beberapa daerah, sampah adalah salah satu masalah yang sangat sulit diatasi. Ini karena masalah limbah ditanggung oleh pemerintah eksekutif hanya melalui departemen yang kompeten. Orang-orang perlu menyadari keinginan mereka untuk memahami dan memahami fenomena sosial yang telah lama mereka keluhkan. di antaranya adalah kesadaran menjaga kebersihan, bukan limbah terutama di sungai, promosi kampanye tentang lingkungan yang sehat dan banyak lagi yang harus dilakukan. Semuanya untuk kenyamanan, kebersihan dan kesehatan lingkungan di tempat-tempat kita hidup sebagai warga negara yang bermoral, berkarakter dan beriman.

Contoh 2 :

Sampah bagi kehidupan manusia

Sampah adalah bentuk partikel atau bahan limbah yang keberadaannya tidak perlu dan bahkan cenderung mengganggu. Dalam prosesi alami, pada kenyataannya tidak ada konsep yang menggambarkan istilah sampah. Tetapi sisa produk diproduksi setelah digunakan dan dikonsumsi manusia. Namun, konsep ini hanya mencakup sebagian kecil dari pemahaman tentang limbah itu sendiri, atau limbah yang dihasilkan oleh aktivitas konsumen. Sementara itu, ada lebih dari satu jenis sampah di dunia. misalnya, limbah industri (limbah), limbah aktivitas manusia sehari-hari dan banyak lagi.

Tentu saja, Kisa menyadari bahwa keberadaan limbah memiliki dampak negatif terhadap lingkungan, terutama pada kesehatan manusia. Jika limbah padat tidak ditanggapi dengan serius dan kelalaian kegiatan pembuangan limbah terus terjadi, bukan tidak mungkin limbah menghasilkan bencana bagi kita semua. Salah satu dampaknya adalah banjir. Banjir terjadi karena penumpukan sampah yang menghambat aliran air sungai sehingga menghambat fungsi sungai. Pada musim hujan, volume sungai menyempit karena akumulasi sampah. Sungai tidak lagi mampu mengalirkan air dalam jumlah besar, sehingga air meluap dan menyebabkan banjir. Berbagai penyakit juga bisa disebabkan oleh limbah seperti penyakit kulit, muntah, demam berdarah, diare, disentri dan banyak lainnya.

Masalah limbah menjadi trik bukan karena itu tidak bisa diatasi. Tetapi kurangnya kesadaran untuk komunitas pembersihan lingkungan yang harus dijaga dan dirawat dengan baik. Pengelolaan limbah tidak lagi menjadi solusi yang tepat karena setiap hari banyak sampah dapat dikumpulkan di sungai dan di tempat-tempat yang seharusnya tidak ada. Yang dibutuhkan adalah tindakan preventif (pencegahan) agar limbah tidak menjadi masalah yang semakin kompleks. Mari kita jaga lingkungan kita bersama dengan tidak membuang sampah, terutama di sungai. Buang sampah di tempat yang disediakan. Ini dilakukan dengan alasan kebersihan, kenyamanan dan kesehatan lingkungan, tempat kita hidup bersama.

demikian pembahasan artikel contoh teks eksplanasi semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan bagi pembaca ,  terima kasih!

Sumber terkait : https://rumusrumus.com/