Cara dan Persyaratan Membuat Sim A Baru Tanpa Nembak

Cara dan Persyaratan Membuat Sim A Baru Tanpa Nembak – Sebuah dokumen penting yang harus dimiliki sebagai salah satu kondisi untuk mengemudi kendaraan bermotor adalah SIM. Namun, banyak driver baru potensial bertanya-tanya bagaimana tepatnya itu untuk membuat SIM yang benar?

Cara dan Persyaratan Membuat Sim A baru

SIM adalah bukti sah sebagai identifikasi yang diberikan oleh polisi Republik Indonesia, kepada orang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, rohani dan fisik yang sehat dan memahami peraturan lalu lintas dan aturan mengemudi kendaraan mesin yang memenuhi syarat.

Persyaratan penting untuk membuat Surat Izin Mengemudi Mobil (SIM A) untuk mengendarai mobil pribadi adalah bahwa Anda setidaknya berusia 18 tahun.

Bikin SIM A sendiri sekarang mudah kok, tanpa perlu calo (tanpa nembak) dan ikut tes resmi dari kepolisian tidak susah. Asalkan Anda benar-benar lancar bawa mobil dan paham aturan berlalu lintas serta cukup umur.

Urutan tata cara dan persyaratan membuat SIM A baru tanpa nembak (bikin sendiri):

Siapkan dokumen

Bawalah kartu identitas (KTP) yang terdapat dalam foto kopi lima bagian. Juga dokumen yang menunjukkan bahwa Anda sehat dari rumah sakit, klinik, atau lembaga kesehatan lainnya.

Siapkan duit yang cukup untuk biaya pembuatan SIM

Untuk membuat SIM, siapkan dana dari Rp 120.000 dan Rp 30.000 untuk biaya asuransi. SIM A adalah kategori untuk mengemudi mobil dan barang pribadi dengan bobot tidak melebihi 3.500 kg.

Formulir pendaftaran Pembuatan SIM A

Formulir ini diperoleh dengan menukarkan foto kopi KTP Anda dan bukti pembayaran dengan membuat SIM dan asuransi. Formulir ini  harus diisi dengan data diri Anda sesuai dengan informasi yang memiliki kebenaran.

Menyerahkan formulir

Formulir selesai diisi, segera dikembalikan ke meja dan Anda mendapatkan kertas lembar kecil yang menunjukkan bahwa Anda akan mengikuti tahap berikutnya, dari teori dan praktek pengujian.

Uji teori SIM Mobil (SIM A)

Dalam sesi ini Anda harus  fokus pada pertanyaan dari penyelenggara, yang mana mengandung tentang pertanyaan bergambar dan pertanyaan lain tentang tanda dan peraturan jalan saat mengemudi. Jika Anda mendaftar dan lulus untuk sesi ini, Anda akan mendapatkan tes teori Cap Lulus. Jika Anda tidak mendapat Cap Lulus, Anda harus mengulang ujian teori dua minggu kemudian.

Uji Praktek SIM A

Sesi ini harus dilakukan dengan seksama karena tes ini melihat kemampuan Anda untuk mengemudi dan mematuhi tanda-tanda. Jika Anda membuat kesalahan, Anda harus mencoba lain hari lagi. Mobil untuk tes akan disediakan oleh polisi. Jika Anda lulus tes praktek maka Anda akan mendapat tes praktek Cap Lulus

Pas Photo

Serahkan kertas kecil Cap Lulus ujian teori dan praktek ke petugas pengambil foto. Jika salah satu tidak ada stempel Cap Lulus, Anda tidak dapat melakukan sesi perekaman foto ini. Setelah menyelesaikan foto, Anda diminta untuk menunggu sejenak.

SIM A sudah siap dan Bisa Anda Terima

Kartu SIM yang ada diambil di konter. Proses tunggu hanya membutuhkan waktu 15 menit.

Mudah bukan cara dan persyaratan membuat SIM A baru ?

Catatan: biaya pembuatan surat izin mengemudi mobil (SIM A) ini  dan prosedur ini kami akan mengambil data pada bulan November 2019, dan bisa jadi dapat berubah sewaktu-waktu.