Panduan dan Cara Menyetir Mobil Manual Bagi Pemula

Jika Anda baru mulai belajar cara mengendarai mobil dan ingin membaca tentang beberapa dasar yang perlu Anda pertimbangkan saat mengemudi atau hanya ingin beberapa tips mengemudi mobil yaris, maka Anda telah datang ke tempat yang tepat.

Ketika seseorang belajar mengemudi, ada banyak hal yang perlu diingat. Padahal, baik pemula atau pengemudi yang matang, sangat penting untuk benar-benar berhati-hati ketika Anda berada di belakang kemudi.

Berikut adalah beberapa tips mengemudi yang harus diingat oleh seorang pemula:

Panduan dan Cara Menyetir Mobil Manual Bagi Pemula

  • 1. Kenali mobil Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum mulai mengemudi adalah merasa nyaman dengan mobil Anda. Biasakan dasar-dasar mobil secara teori sebelum Anda mulai mengendarainya.

Pelajari apa yang dilakukan kopling, pahami pengaturan gigi, dan pelajari fakta-fakta seperti orang yang tidak boleh berpindah ke gigi yang lebih rendah dengan kecepatan lebih tinggi dan selalu lebih baik membiarkan mobil berhenti sebelum Anda menggunakan gigi mundur.

  • 2. Perbaiki posisi tempat duduk Anda

Posisi tempat duduk yang tepat sangat penting; bahkan pengemudi berpengalaman tidak memposisikan diri dengan benar sehingga kurang nyaman dan tidak terkontrol, yang meningkatkan kemungkinan kecelakaan.

Pastikan Anda duduk tegak dengan punggung dan bokong ditangkupkan sepenuhnya di kursi dan berada pada posisi sudut sehingga membantu mencegah cedera punggung. Kursi harus diatur dalam posisi di mana Anda dapat melihat sekeliling, dengan sangat mudah dan nyaman.

Biasanya dikatakan bahwa ketinggian kursi harus sedemikian rupa sehingga mata Anda berada di setengah ketinggian kaca depan. Kursi harus secara longitudinal berada pada posisi di mana lutut Anda tidak terlalu terentang ketika Anda menggunakan pedal gas, rem, dan pedal kopling.

Dorong rem sepenuhnya dengan kaki kanan dan tekan kopling, ini harus dilakukan sedemikian rupa sehingga saat menekan pedal sepenuhnya, lutut Anda tetap tertekuk pada sekitar 120 derajat. Duduk tegak dan jangan membungkuk ke depan.

  • 3. Hindari gangguan

Setelah Anda berada di kursi pengemudi, perhatikan, sesuaikan cermin, kenakan sabuk pengaman, dan ingat aturan jalan.

Hindari gangguan saat Anda mengemudi karena saat ini jalanan penuh sesak dan oleh karena itu Anda perlu menjaga mata dan perhatian Anda terfokus ke arah itu untuk setiap detik.

Dua aturan paling umum dan dasar sebelum Anda mulai mengemudi; jangan menggunakan ponsel saat mengemudi dan jangan minum dan mengemudi. Seiring dengan aturan-aturan ini, driver baru terutama harus menghindari makan, menyalakan musik ke volume yang sangat tinggi dan terlibat dalam percakapan yang mendalam.

  • 4. Pegang kemudi dengan benar

Meskipun tidak ada satu cara yang benar untuk memegang setir, kebenarannya tergantung pada bagaimana Anda ingin memegangnya agar dapat memiliki kontrol maksimum atas setir.

Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa posisi ‘jam 9 dan jam 3’ adalah yang terbaik. Sangat penting untuk memegang setir dengan benar untuk mendapatkan kontrol terbaik dari setir dan, pada gilirannya, mobil.

  • 5. Ingatlah untuk menggunakan sinyal belok

Memahami pentingnya sinyal belok atau indikator. Begitu Anda berada di jalan, Anda adalah satu di antara banyak dan karena itu, sangat penting bahwa Anda memberi tahu kendaraan di sekitar Anda ketika Anda hendak berbelok.

Menggunakan sinyal membantu menghemat banyak kecelakaan di jalan.

  • 6. Hindari kecepatan berlebih

Godaan yang paling umum, ketika seseorang mengendarai mobil, adalah untuk mempercepat. Sangat penting bagi Anda untuk mengenal mobil terlebih dahulu sebelum mulai ngebut.

  • 7. Pertahankan jarak yang cukup jauh dari kendaraan lain

Seseorang harus selalu menjaga jarak yang layak dari kendaraan yang bergerak di depan. Anda mungkin menjadi pengemudi yang sangat aman dan mengikuti semua aturan dan peraturan, tetapi itu tidak berarti bahwa yang lain juga.

Cara terbaik untuk mengemudi dengan aman adalah menjadi pengemudi yang defensif daripada menjadi pengemudi yang agresif.

  • 8. Jangan menggunakan klakson secara tidak perlu

Klakson adalah untuk mengingatkan pengemudi di sekitar Anda, bukan untuk menghilangkan frustrasi Anda.

Penggunaan klakson yang berlebihan dapat membuat iritasi sesama pengendara dan kadang-kadang dapat menyebabkan kemarahan di jalan.