Cara Menangani Anak yang Kelilipan

pascal-edu.com – Saat terkena partikel kecil, seperti debu atau benda kecil tanpa sengaja, mata terasa gatal dan secara re­fleks, anak menggosoknya. Hal ini menimbulkan iritasi, sementara rasa gatal tak kunjung hilang.

Pertolongan Salah:

– Meminta anak membelalakkan matanya, lalu ditiup. Cara ini tak efektif.

– Mama meminta anak mengucek-ngucek matanya dengan tangan yang sudah dicuci terlebih dulu. Perilaku ini menyebabkan iritasi di selaput atau kelopak mata. Ujung-ujungnya, mata malah bengkak dan jadi merah.

Pertolongan Pertama:

– Diamkan hingga air mata keluar lebih banyak dari biasanya untuk menyapu partikel kecil. – Atau, cukup minta anak mengedipkan-edipkan mata secara berulang, kotoran superhalus tadi akan segera hengkang dari mata. Jika cara-cara tersebut tak mempan untuk mengusir benda asing yang agak besar, langkah pertolongan pertamanya adalah:

  1. Dudukkan anak menghadap ke cahaya. Buka kelopak matanya. Minta ia untuk melihat ke kanan, ke kiri, ke atas, dan ke bawah. Periksa semua bagian mata.
  2. Jika partikel asing bisa terlihat, singkirkan dengan air bersih. Miringkan kepalanya dan teteskan air pada sudut mata bagian dalam untu mencuci seluruh mata.
  3. Dapat juga dengan cara “membenamkan” mata ke dalam wadah/ baskom yang berisi air matang lalu kedip-kedipkan mata selama berada dalam air.
  4. Obat tetes mata yang dijual bebas boleh digunakan. Tapi jangan melebihi tiga kali pemakaian karena dikhawatirkan menimbulkan peradangan/iritasi berkelanjutan. Obat tetes mata umumnya berfungsi untuk mengurangi iritasi. Perlu diketahui, obat tetes mata mengandung bahan kimia yang bersifat asam sehingga bisa menimbulkan rasa pedih.
  5. Jika tak menunjukkan tanda-tanda membaik atau benda asing tidak terbuang, sebaiknya lekas ke dokter.

Perawatan Mata:

Ajari anak tentang cara perawatan mata berikut ini:

* Tidak menyentuh mata sebelum cuci tangan dengan air dan sabun.

* Hindari menggosok mata bila ada benda asing masuk ke dalam mata.

* Hindari menggoyang-goyangkan benda tajam (seperti: gunting, pensil tulis, pensil berwarna, penggaris) di depan wajah orang lain meskipun hanya menggoda.

* Jangan bermain atau berlari dengan membawa benda tajam untuk mencegah kecelakaan.

* Jagalah kebersihan handuk untuk wajah karena mata sangat rentan terhadap infeksi. Handuk untuk membersihkan wajah dan mata sebaiknya berlainan dengan handuk untuk membersihkan tubuh dan untuk membersihkan area mulut.

* Usaplah mata dengan halus ke arah sudut mata bagian dalam, satu atau dua kali sehari, misalnya pada saat mandi.

* Potong kuku bayi secara teratur agar tidak melukai mata dan menimbulkan iritasi. Ingat, bayi memiliki re­ eks yang lebih tinggi dan belum dapat mengontrol gerakan tangannya.

* Hindari memegang benda atau mainan terlalu dekat dengan mata bayi. Jarak ideal antara mata dan benda adalah 30 cm.