Cara Membuat Surat Perjanjian Gadai Mobil Resmi yang Benar dan Tepat

Terkadang sering ada kebutuhan dana yang tak terduga dalam hidup. Entah itu untuk biaya usaha, pendidikan, kebutuhan sehari-hari dan sebagainya. Kebutuhan tersebut terkadang membutuhkan dana besar yang membuat Anda harus mencari dana selain gaji Anda. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Saat ini terdapat banyak pegadaian yang bisa memberikan pinjaman dana besar kepada Anda yaitu dengan melakukan gadai bpkb mobil di perusahaan resmi.

Pegadaian Yang Ada di Indonesia Memberlakukan Sistem Gadai Mobil Resmi


Salah satu jenis pegadaian yang ada di Indonesia adalah pegadaian yang memberlakukan sistem gadai mobil resmi. Disini Anda bisa menggadaikan mobil Anda dengan aman karena terdapatnya surat perjanjian yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Pinjaman dana yang dilakukan pun cukup besar da cepat cair sehingga sangat rekomendasi bagi Anda yang membutuhkan pinjaman dana.

Gadai mobil ini dilakukan bagi pemilik mobil yang membutuhkan uang atau dana yang digunakan untuk keperluan lain sehingga harus menggadaikan mobilnya terlebih dahulu. Selain itu gadai mobil ini bisa digunakan juga untuk Anda yang membutuhkan dana cepat. Atau bisa juga pemilik mobil yang ingin membeli mobil baru tetapi masih kekurangan jumlah untuk membeli mobil baru tersebut. Oleh karena itu, pemilik mobil kemudian menggadaikan mobilnya tersebut.

Surat perjanjian untuk gadai mobil resmi tersebut memiliki banyak jenis yang bisa Anda pilih untuk digunakan. Namun, surat perjanjian tersebut harus sah agar bisa digunakan ketika akan melakukan penggadaian mobil. Surat ini berfungsi sebagai bukti penggadaian mobil, baik oleh pihak penggadai dan pihak penerima gadai.

Dengan adanya surat perjanjian itu, maka Anda bisa menerima uang gadai hasil dari mobil yang digadaikan tersebut. Uang yang akan Anda terima besar nilainya tergantung dari kualitas mobil yang digadaikan. Misalnya, jika mobil yang digadaikan tersebut senilai 250 juta rupiah, maka Anda pun akan menerima uang hasil gadai tersebut dengan nilai yang besar pula.

Cara Membuat Surat Perjanjian Untuk Melakukan Gadai Mobil Resmi


Untuk bisa melakukan gadai mobil resmi, maka Anda harus memiliki surat perjanjian terlebih dahulu. Jika Anda tidak mengetahui bagaimana cara membuat surat perjanjian gadai mobil tersebut, maka Anda bisa melihat cara-caranya berikut ini. Karena surat perjanjian ini sangat penting dalam sebuah penggadaian yang resmi atau sah.

Cara pertama untuk membuat surat perjanjian gadai mobil secara resmi adalah membuat judul di bagian tengah paling atas. Judul tersebut bertuliskan “Surat Perjanjian Gadai”. Hal tersebut menjelaskan tentang jenis surat untuk menggadaikan barang yang dilakukan oleh kedua belah pihak.

Cara kedua untuk membuat surat perjanjian gadai mobil resmi adalah menuliskan identitas dari pihak pertama atau pihak pemilik mobil yang ingin melakukan penggadaian. Dalam surat tersebut, akan ada beberapa keterangan yang harus diisi dengan lengkap agar surat tersebut dapat dianggap sah sehingga menjadi sebuah bukti yang sah. Beberapa keterangan yang harus Anda isi dengan lengkap dan jujur adalah nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, NIK, pekerjaan yang dikerjakan, serta alamat lengkap dalam KTP.

Selanjutnya dalam membuat surat perjanjian ini adalah mengenai informasi lengkap dari penerima gadai tersebut atau sering disebut sebagai pihak kedua. Pihak inilah yang akan memberikan dana kepada pihak pertama atas gadai mobil yang telah dilakukan. Isi dari keterangan identitas pihak kedua juga sama dengan isi identitas pada pihak pertama.

Surat perjanjian gadai mobil resmi selanjutnya adalah memberikan isi dan tujuan dari surat perjanjian yang dibuat. Karena surat ini dibuat untuk perjanjian gadai mobil, maka didalam isi surat tersebut harus dijelaskan tentang siapakah pihak pertama dan keduanya. Kemudian menjelaskan fasilitas dan kualitas mobil tersebut dengan lengkap dan jelas. Seperti mengenai jenis mobil, merek, warna, tahun keluaran mobil, nomor polisi mobil serta informasi lainnya yang memperjelas kualitas mobil.

Selain informasi mengenai mobil yang akan digadaikan, maka selanjutnya harus membuat informasi mengenai jumlah uang yang telah dibayarkan dan diterima oleh pegadai. Jika pembayaran dilakukan dengan cara dicicil, maka dalam surat tersebut harus dituliskan informasi mengenai cicilan atau kapan akan dibayarkan serta kapan waktu pelunasannya. Jika ada salah satu pihak yang melanggar surat perjanjian tersebut, maka bisa segera dilaporkan ke pihak berwajib.

Dan informasi terakhir mengenai surat perjanjian gadai mobil resmi adalah mencantumkan kota serta tanggal, bulan, dan tahun dilakukan perjanjian tersebut. Sertakan juga tanda tangan serta nama terang dari kedua belah pihak. Dan untuk mengesahkan surat tersebut maka akan ditempelkan materai yang merupakan tanda sah surat tersebut.

Demikian informasi mengenai surat perjanjian ketika akan melakukan gadai mobil resmi. Dengan adanya surat tersebut, maka Anda akan terhindar dari segala macam penipuan karena surat tersebut merupakan tanda bukti yang sah dalam melakukan pegadaian.