Cara Melakukan Pemasaran Online Bagi Pemula

Bisnis online harus diimbangi dengan pemasaran secara online. Jika pemasaran tetap konvensional tentu akan sulit bertahan di dunia yang semakin kompetitif ini. Ada banyak cara melakukan pemasaran online agar bisnis mampu bersaing di era teknologi ini baik secara gratis atau pun berbayar. Bagi pemula pilihan gratis lebih cocok karena meski tanpa bayar kualitas jasa yang diberikan pun tidak dapat diremehkan dan terbukti ampuh. Berikut ini beberapa cara melakukan pemasaran online yang mudah dilakukan.

1. Menggunakan SEO Gratis

SEO akan membantu website atau bisnis menjadi lebih mudah ditemukan calon pelanggan potensial.  Website akan berada di posisi atas hasil pencarian sehingga meningkatkan jumlah pengunjung. Nah, jumlah pengunjung ini akan berpotensi meningkatkan konversi atau transaksi bisnis. SEO akan memberikan banyak keyword yang cocok dengan bisnis dan paling banyak dicari. Kemudian keyword tersebut dibuat konten atau artikel yang akan di upload di website. Artikel ini dapat dikerjakan sendiri atau memilih menggunakan jasa penulis artikel yang kini banyak tersedia.

2. Menggunakan Media Sosial

Cara ini pun cukup mudah dilakukan dan ampuh mendapatkan banyak konsumen karena hampir semua masyarakat milenials kini memiliki akun media sosial. Medsos seperti Facebook dan Instagram dapat menjadi pilihan, berbayar atau pun gratis. Seperti Facebook contohnya yang menyediakan fasilitas Marketplace untuk jual beli online dan dapat dinikmati semua penggunanya secara gratis. Sedangkan jasa yang berbayar seperti Facebook Ads yang mudah dilakukan. Pebisnis cukup mengisi data umum dan mengupload iklan yang akan ditampilkan baik foto atau pun video. Pengaturan seperti segmen pasar dan jangkauan iklan pun dapat diatur sesuai kebutuhan sehingga iklan tetap efektif dan efisien.

3. Menggunakan Affiliate Marketing

Cara ini perlu kerja sama dengan blogger untuk mengenalkan atau menyisipkan link bisnis. Blogger akan memasukkan link dalam konten atau artikelnya sehingga ketika pengunjung membacanya maka akan diarahkan pada link bisnis terkait. Oleh sebab itu, pilihlah website yang ramai dikunjungi sehingga potensi konsumen yang datang ke link bisnis pun semakin besar. Blogger akan menerima keuntungan dari jasanya tersebut melalui aplikasi tracking atau sesuai perjanjian.

Itulah ketiga cara melakukan pemasaran online yang paling mudah, cocok untuk pemula. Pemasaran ini perlu konsisten karena jika tidak akan mudah tenggelam dengan pesaing lain yang sangat kompetitif daripada pemasaran biasa. Jika bisnis telah berkembang, dapat memilih pemasaran berbayar yang lebih jeli dan ampuh untuk menarik konsumen.