Belajar dalam Tubuh Raksasa di Museum Tubuh

Museum tubuh?? Pasti tak asing kan. Museum ini bernama The Bagong Adventure Museum Tubuh,tapi lebih terkenal dengan Museum Tubuh karena lebih singkat. Seperti namanya,museum ini berisikan organ-organ tubuh manusia. Jadi kita bisa mempelajari organ tubuh manusia dalam relief yang besar.

Museum ini terletak di Jalan Kartika No. 02 Kota Wisata Batu Kabupaten Batu Jawa Timur. Akses menuju museum ini tidak sulit karena lokasi berada ditengah kota wisata batu hanya sekitar 30 km dari pusat kota Malang. Jika ingin berkunjung kita bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum dengan tarif 5K untuk jarak jauh dekat. Jika menggunakan transportasi umum kita bisa mencari angkot dengan jurusan terminal landungsari kemudian pindah angkot yang melewati depan museum tubuh. Juga bisa menggunakan paket tour malang dengan fasilitas lengkap.

Museum Tubuh

Dinamakan Museum Bagong karena terlihat dari depan,kepala bagong. Bagong adalah tokoh perwayangan yang terkenal cerdik. Museum ini cocok bagi semua kalangan,baik anak-anak,dewasa bahkan lanjut usia. Dikemas secara detail dan menarik sehingga menambah keasyikan dan daya tarik wisatawan untuk mengunjunginya. Museum ini merupakan museum tubuh pertama dan terbesar di Indonesia.

Harga Tiket

Weekday IDR 50.000 dan Weekend IDR 70.000. buka dari pukul 08:30 sampai 16:30. Tapi kita tidak diperkenankan membawa masuk makanan kedalam. Namun jangan takut,sebab sudah disediakan foodcourt.

Namun untuk memudahkan anda terdapat tiket complete yang bisa anda beli hanya sekali dan berlaku beberapa hari serta beberapa destinasi. Ada tiket Sakti 1 berlaku 2 hari seharga Rp.375.000 Untuk 8 tempat wisata Yaitu : Jatimpark 1, Jatimpark 2 (Batu Secret Zoo & Museum Satwa), Eco Green Park, BNS, Museum Tubuh, Museum Angkut, dan Predator Fun Park. Dan juga Tiket Super Sakti berlaku 3 hari Rp.450.000 untuk 8 tempat wisata yaitu : Jatimpark 1, Jatimpark 2 (Batu Secret Zoo & Museum Satwa), Eco Green Park, BNS, Museum Tubuh, Museum Angkut, dan Predator Fun Park.

Terdapat 4 lantai dalam museum,yang terdiri dari 13 zona berbeda-beda.

Kita masuk melewati mulut bagong yang menganga lebar,dan menuju aula. Di aula kita disuguhkan pabrik tubuh manusia yang begitu complex dan penataannya yang begitu menarik dan rapi. Dari lantai bawah yang pertama kita temui adalah bagian Zona Mulut,di zona mulut kita bisa melihat bagimana bentuk lidah dan beragam jenis gigi,kita juga bisa melihat fragmen yang telah diperbesar sekian kali,dibagian ini diterangkan juga fungsi lidah dan gigi serta bagaimana cara merawatnya agar tetap sehat. Selanjutnya kita menuju Zona Hidung,di bagian zona hidung kita diterangkan fungsi-fungsi hidung dan pentingnya kita menggunakan masker jika keluar rumah,dan jika lingkungan sekitar sekiranya kurang bersih. Selanjutnya Zona Mata,seperti zona lainnya kita diterangkan fungsi-fungsi organ tersebut,kita juga diterangkan apa saja gangguan yang bisa menyerang mata serta bagaimana menjaga mata agar tetap sehat. Kemudian Zona Telinga,dibagian ini juga kita dijelaskan fungsi dan juga gangguan yang bisa menyerang telinga kita. Selanjutnya Zona Otak,sama juga dengan yang lain dijelaskan gangguan dan cara menjaga kesehatan otak. Ruang Tambahan Seputar Bagian Tubuh Atas, tambahan informasi menangani organ tubuh bagian atas.

Selanjutnya Zona Jantung,menerangkan gangguan jantung dan cara menjaga jantung agar tetap sehat dan tak mudah terserang penyakit. Kemudian Zona Hati,dijelaskan mengenai hati dan empedu,cara menjaganya agar tetap sehat. Dan kemudian Zona Paru-Paru,dibicarakan secara mendetail mengenai paru-paru seperti percabangan yang terdapat pada paru-paru juga gangguan dan cara menjaganya agar tetap sehat. Kemudian Zona Ginjal,sama dengan lainnya dibicarakan mendetail mengenai cara menjaga agar tetap sehat dan gangguan yang bisa terjadi. Zona Lambung,Zona Usus menerangkan gangguan-gangguan yang bisa terjadi serta cara menjaganya. Ruang Pengetahuan Tambahan Seputar Badan Manusia,menjelaskan secara umum tentang tubuh manusia.

Zona Pembuluh Darah,kita dibuat seperti berada di alam pembuluh darah,dan kita berjalan sebagai darahnya,dibuat seperti lorong,warna merah dan putih. Kemudian Zona Tulang,diperlihatkan bentuk-bentuk tulang manusia secara menyeluruh. Terakhir Zona Sel, DNA dan Kandungan.

Semua organ ditampilkan secara detail dan menarik serta modern. Kita ditemani guide yang akan menjelaskan organ-organ tubuh,namun kita juga bisa melihat video yang sudah disiapkan di masing-masing spot, videonya sangat menarik dan tidak membosankan. Dijelaskan juga kita harus menjaga kesehatan semua organ tubuh kita. Serta kelebihan tempat ini adalah terdapat pemeriksaan tubuh secara gratis bagi pengunjung yang mau memeriksa badannya.

Bagaimana menarik kan Museum Tubuh ini, jadi tunggu apalagi,tentukan waktu anda. Liburan sambil belajar mengenai tubuh dan ini tentunya sangat penting untuk diri kita apalagi dengan menggunakan paket tour malang dari Nahwa Tour. Mari!!!