Asam Lambung Naik Ke Kerongkongan, Apa Penyebabnya?

Asam yang terjadi pada lambung atau disebut juga dengan GERD merupakan penyakit yang terjadi ketika ada aliran balik asam dari lambung ke kerongkongan.

Penyakit ini lebih umum disebut dengan asam lambung.

Hal ini terjadi secara umum namun penyakit ini juga bisa menimbulkan komplikasi atau gejala yang cukup parah, selain itu juga menyebabkan dada terasa terbakar asam lambung lambung naik, atau gastroesophageal. Reflux ini memiliki beberapa gejala diantaranya seperti rasa masam di mulut sulit menelan batuk.

Whizzing hingga nyeri pada dada terutama saat berbaring di malam hari.

Asam Lambung Naik Ke Kerongkongan

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menyembuhkan atau meringankan gejala asam lambung ini salah satunya yaitu dengan menghindari mengkonsumsi makanan tertentu yang dapat memicu penyakit ini muncul.

Selain itu, anda juga bisa meringankan gejala asam lambung ini dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan berikut :

  • Pertama, putih telur

Ketika anda ingin mengkonsumsi telur anda sebaiknya pilih untuk mengkonsumsi putih telurnya saja

  • Kedua, oatmeal

Bagi anda yang memiliki riwayat asam lambung sebaiknya anda mengkonsumsi oatmeal saat sarapan pagi oatmeal yang terbuat dari gandum merupakan sumber serat yang baik bagi tubuh selain itu, oatmeal juga dapat menyerap asam dalam lambbung anda, sehingga gejala asam lambung dapat berkurang.

  • Makanan yang ketiga yaitu daging tanpa lemak

Beberapa contoh makanan yang tidak mengandung lemak yaitu beberapa bagian tubuh ayam ikan dan makanan laut makanan tinggi lemak dapat memicu asam lambung kembali ke kerongkongan.

Makanan yang berlemak tinggi juga beresiko meningkatkan anda untuk mengalami asam lambung ini untuk itu pastikan untuk mengkonsumsi makanan yang rendah lemak makanan rendah lemak dapat mengurangi gejala asam lambung serta mencegah penyakit ispa.

Selanjutnya anda juga sebaiknya memperhatikan proses memasak makanan tersebut misalnya utamakan masakan yang anda konsumsi merupakan makanan yang direbus atau dipanggang makanan keempat, lemak sehat.

Bagi anda yang memiliki penyakit asam lambung tidak usah khawatir, anda tetap bisa mengkonsumsi lemak namun harus lemak yang sehat.

Beberapa makanan yang mengandung lemak sehat tersebut diantaranya alpukat, minyak zaitun dan minyak wijen.

Sebaiknya anda kurangi asam lemak jenuh dan lemak trans yang tidak sehat bagi tubuh.

  • Kelima, makan buah – buahan

Buah – buahan baik bagi tubuh anda namun anda harus memilih buah – buahan tertentu.

Bagi anda yang mengalami asam lambung tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah yang mengandung citrus atau memiliki rasa asam.

Beberapa buah yang tidak mengandung citrus diantaranya seperti melon, pisang, apel dan pear keenam, jahe.

Tahukah anda bahwa jahe memiliki sifat anti inflamasi yang alami anda dapat menambahkan jahe ke dalam air hangat anda dengan begitu, gejala dari asam lambung ini akan berkurang.

  • Terakhir, sayuran

Sayuran secara umum rendah lemak dan gula ini dapat mengurangi gejala asam lambung anda.

Beberapa pilihan sayuran yang baik untuk dikonsumsi.

Bagi anda yang memilki penyakit asam lambung yaitu asparagus, brokoli, kembang kol sayuran berdaun hijau, kentang hingga mentimun selanjutnya, selain mengkonsumsi gejala asam lambung.

Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat anda juga bisa melakukan cara lain seperti merubah gaya hidup anda diantaranya menjauhi rokok dan tidak mengkonsumsi alkohol.

Hindari makan berlebihan dan tidak makan setidaknya 4 jam sebelum tidur .

Itulah penjelasan mengenai makanan dan cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala asam lambung.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.