Apakah Akibat Berhutang Juga Berdampak Pada Mental? Temukan Jawabannya

hutang membuat stres

Akibat Hutang Juga Berpengaruh Pada Mental?

Apapun yang berhubungan dengan mental pasti sesuatu yang tidak boleh dianggap main-main, contohnya berhutang.

Nah, apa respon kamu mengenai pertanyaan di atas?

Percaya atau tidak percaya?

Masing-masing punya jawaban sendiri, tapi untuk orang yang pernah berpengalaman, maksudnya pernah berhutang pasti lebih tahu.Tapi, Anda tidak harus berhutang dulu untuk bisa membuktikannya.Jawabannya bisa Anda temukan dari sini.

Dan jawaban untuk pertanyaan di atas adalah Benar.

Saya mengatakan ini bukan hanya sekedar menebak saja, akan saya jelaskan alasan logisnya.

Orang berhutang akan tertekan dan merasa cemas atau gelisah.

bisa stres

Orang yang memiliki hutang akan cenderung merasa tertekan kehidupannya.hal ini bisa dipengaruhi oleh rasa tanggung jawab yang mereka tanggung untuk segera melunasi hutang yang mereka miliki.

Rasa tertekan yang terus terbenam dalam diri mereka itulah yang bisa membuat kesehatan mental mereka terganggu.Mereka akan gelisah dan tidak bisa tenang apabila terus teringat dengan hutang yang mereka miliki.

Yang jelas rasa cemas atau gelisah yang mereka tanggung ini bukanlah rasa cemas biasa yang akan hilang dalam sekejap.Menurut Gathergood kecemasan seseorang karena hutang dibandingkan dengan kecemasan biasa memiliki tingkat keparahan dua kali lebih besar.Itu adalah sebuah keprihatinan yang sangat perlu diperhatikan.

Biasanya orang yang sedang tertekan membutuhkan yang namanya hiburan dan kesenangan, tapi itu tetap akan sulit terjadi karena setiap mereka melakukan kesenangan pasti benak mereka akan lari ke arah “hutang belum dilunasi” sehingga kesenangan mereka akan terganggu.

Apabila menerima uang gajian juga akan langsung mereka gunakan untuk membayar hutang, tentu itu menjadi penghalang bagi mereka untuk medapatkan kesenangan.

Belum lagi masalah apabila tidak dapat melunasi hutang, banyak berita kasus-kasus bunuh diri yang bertitik awal dari depresi karena hutang.Jika tidak palingan dari mereka akan kehilangan benda berharga seperti rumah atau benda lainnya.

Lalu apa solusi terbaik untuk itu?

Solusi terbaik adalah dengan sebisa mungkin menjauh dari hutang.Anda bisa mempersiapkan uang cadangan untuk kebutuhan Anda.

Tapi jika terjadi keadaan mendesak yang mengharuskan berhutang?

Solusi dari saya pribadi, apabila Anda mempunyai barang berharga seperti bpkb maka langkah Anda adalah dengan menggadaikannya.Dengan gadai bpkb mobil bunga rendah maka Anda bisa memperoleh pinjaman untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Dan jika nominal pinjaman Anda lebih besar dari yang Anda butuhkan Anda bisa menggunakannya untuk berbisnis atau disimpan untuk bisa melunasi pinjaman Anda.

Jika tidak bisa melunasi?

Kendaraan Anda akan melayang tapi jiwa Anda akan tetap tentram karena tidak perlu memikirkan hutang yang belum lunas.

Jadi Anda bisa mendapatkan kepuasaan dari jawaban diatas?

Apakah Anda akan menghindari akibat berhutang yang berdampak pada mental tersebut dengan cara menggadaikan?

Semua jawaban ada di tangan Anda.

Semoga bermanfaat.