aIndustri Saung Kreatif Kharisma Alam Kab Kuningan Yang Memukau

Tidak hanya menyuguhkan panorama alam yang begitu indah, kabupaten Kuningan juga memiliki tempat yang cocok untuk membeli kenang-kenangan. Salah satunya yaitu saung kreatif kharisma alam Kab. Kuningan yang bisa anda kunjungi.

Di dalam bengkel kerajinan milik Saharusin Kibro, anda akan bisa menemukan banyak sekali ukiran kayu yang langsung dibuat dengan menggunakan tenaga tangan dari penduduk setempat. Jika memiliki keinginan untuk mendapatkan ukiran berkualitas, bisa memesan sesuai dengan ukuran dan bentuk ukiran. Semua bahan pembuatan ukiran berasal dari beberapa limbah kayu yang ditemukan di sekitar wilayah Kuningan sendiri.

Semua bahan kayu yang digunakan misalnya pinus, mahoni dan jati. Dan kayu kayu bukan berasal dari pohon yang sengaja ditebang. Tetapi memang memanfaatkan limbah kayu untuk menjadi barang yang memiliki nilai guna lebih.

Sejak tahun 2007 yang lalu, saung ini telah memproduksi banyak sekali hasil kerajinan berbahan dasar kayu. Pada awalnya hanya memproduksi barang tertentu seperti wayang golek. Dan saat ini semakin merambah dunia usaha dengan beberapa jenis kerajinan kayu. Bahkan dalam sehari saja, beberapa pengrajin mampu menghasilkan 30-40 kerajinan bernilai jual tinggi.

Souvenir Perusahaan

Saat ini industri kreatif itu telah memiliki banyak sekali sasaran pemasaran yang mencakup luar negeri. Beberapa produk yang paling banyak diminati antara lain kuda kuningan, lafaz Allah, ballerina, sepeda, kijang, dan produk berbahan ukiran kayu lainnya.

Meskipun telah memiliki nama dikalangan para pengrajin kayu di tanah air, saug yang berada di Desa Babakanmulya, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan menyuguhkan beberapa barang yang harganya terjangkau. Mulai dari nominal 60 ribu hingga jutaan rupiah. Karena penentuan harga memang didasari oleh jenis kayu, bentuk, tingkat kerumitan, ukuran dan proses pembuatannya.

Saat ini kerajinan yang memiliki nominal paling mahal adalah patung kuda yang memiliki ukuran sama dengan kuda betulan. Karena memang patung kuda merupakan salah satu lambang dari Kabupaten Kuningan. Harga yang dipatok dalam proses pembuatan sampai menjadi patung berkisar Rp 9.000.000.

Apakah anda tertarik untuk membeli ukiran atau patung? Silakan berkunjung ke Kabupaten Kuningan dan pilihlah barang yang cocok untuk oleh-oleh untuk keluarga atau souvenir perusahaan Anda.