8 Ide Irit Dalam Mendekorasi dengan Aksesoris Rumah

Pasti akan ada saat ketika Anda akan bosan dengan suasana rumah saat itu. Coba ingat-ingat kapan terakhir kali mengubah pemandangan atau terakhir kali meletakkan benda baru di dalam rumah? Jika sudah lebih dari 5 tahun, tentu saja, Anda mulai bosan. Nah, ini saat yang tepat untuk mendekor ulang menggunakan berbagai aksesoris rumah.

Dekorasi rumah

Mendekorasi ulang sebuah rumah tidak selalu membutuhkan perombakan skala besar dan pengeluaran multi-juta dolar. Bagi Anda yang ingin menghemat uang saat mendekorasi dengan aksesori rumah, mari simak tips Kania di bawah ini. Dijamin tidak akan membuat tas Anda rusak!

1. Atur aksesori rumah asimetris

Mendekorasi rumah bukan berarti Anda harus membeli aksesori rumah baru. Anda dapat menciptakan suasana rumah baru tanpa mengeluarkan sepeser pun dengan mengubah tata letak aksesori rumah seperti furnitur dan barang-barang dekoratif lainnya. Penting untuk mengetahui tips untuk mengatur rumah yang tepat, terutama untuk rumah kecil.

Jika Anda selalu meletakkan sofa secara simetris, cobalah mengubah tata letak menjadi asimetris. Jangan letakkan sofa sebagai sudut ruangan, tetapi letakkan di depan sudut ruangan.

Meja kopi yang selalu diletakkan di tengah ruang keluarga dapat dipindahkan dari satu sisi ruangan ke sisi lainnya. Tempat tidur tidak selalu diletakkan di dinding, tetapi Anda dapat mencoba menempatkannya di tengah ruangan dan tidak menempel di dinding.

Begitu juga dengan dekorasi. Tidak perlu membeli dekorasi baru, Anda dapat menukar posisi beberapa dekorasi lama untuk menciptakan suasana baru.

2. Prioritaskan kualitas daripada kuantitas saat memilih aksesori rumah
Beberapa perabot di rumah Anda mungkin sudah tua dan mulai rapuh; Anda harus menggantinya dengan yang baru. Untuk menghemat uang di masa mendatang, Anda perlu memprioritaskan kualitas daripada kuantitas saat memilih aksesori baru ini.

Misalnya, membeli kursi kayu bukan plastik. Meskipun harga kursi kayu lebih tinggi daripada kursi plastik, jelas bahwa kursi ini akan bertahan lebih lama dan Anda tidak perlu menghabiskan lebih banyak uang untuk waktu yang lama.

Selain itu, jumlah aksesori rumah juga bisa memengaruhi keindahan rumah minimalis modern Anda. Dibandingkan penggunaan aksesoris rumah dalam jumlah banyak, akan lebih baik hanya menggunakan 1 atau 2 buah.

Misalnya, letakkan 2 patung berukuran sedang di sudut ruang tamu alih-alih menempatkan 5 patung di setiap sudut. Anda juga bisa mengganti patung dengan hiasan vas. Jika rumah Anda kecil, jumlah aksesori rumah pasti akan mempersempitnya.

3. Pilih aksesori rumah yang sesuai dengan ukuran ruangan

Sebelum memilih aksesori rumah berupa furnitur dan barang-barang dekoratif, Anda harus memperhatikan luas ruangan yang akan didekorasi terlebih dahulu. Pilih aksesori rumah yang sesuai dengan ukuran ruangan.

Jangan terlalu gemuk atau terlalu kecil. Ini akan membuat ruangan menjadi sempit dan Anda akan kesulitan bergerak. Sebaliknya, jangan gunakan aksesori rumah kecil di ruangan yang luas, karena akan sangat kosong dan tidak menarik saat dilihat.

Jika ruangan Anda saat ini tampak berantakan, cobalah untuk menyingkirkan beberapa aksesoris yang tidak perlu atau ukuran besar. Alih-alih menghabiskan uang, Anda sebenarnya bisa menjual aksesori rumah dan mendapatkan uang tambahan. Ruangan itu juga terlihat lega dan terlihat seperti rumah baru.

4. Gabungkan aksesori rumah sesuai dengan tekstur dan warna

Untuk membuat rumah Anda lebih menarik, Anda dapat menggabungkan aksesoris rumah berdasarkan tekstur dan warna. Coba gunakan warna-warna cerah dan bahan yang tidak biasa untuk furnitur Anda. Misalnya, kursi akrilik hijau neon atau sofa kulit sintetis merah. Bisa juga memadukan sofa kulit dengan bantal kecil empuk. Anda tahu, dekorasi ruang tamu bisa mencerminkan kepribadian Anda!

5. Tempatkan pot kecil

Interior rumah Anda terlihat sangat sederhana karena tidak ada aksesoris rumah dalam bentuk dekorasi? Alih-alih bingung memilih hiasan dan menghabiskan banyak uang untuk membelinya, Anda bisa memasang pot kecil tanaman sebagai aksesori rumah.

Harga pot kecil tanaman ini jauh lebih murah daripada harga patung atau pajangan lainnya. Selain itu, pot kecil tanaman ini dapat ditempatkan di semua jenis interior. Tidak perlu bunga berwarna-warni, cukup beragam tanaman berdaun untuk mempercantik tampilan ruangan. Misalnya, kaktus, Siklok, Kalatea, Lili Paris atau Ivy Inggris. Yang harus Anda lakukan adalah menyiraminya dan memberikan pupuk biasa agar tanaman dapat hidup lama.

6. Menggunakan kembali barang bekas

Untuk menghemat tip dekorasi dengan aksesori rumah berikut, Anda harus menggunakan kembali barang bekas dan mengubahnya menjadi furnitur atau dekorasi. Untuk metode ini, Anda harus berpikir kreatif dan bekerja.

Furnitur lama dapat diubah menjadi furnitur yang terlihat baru. Misalnya, tong minyak bekas dapat diubah menjadi kursi yang nyaman dengan menambahkan busa. Peti kayu di kebun Anda juga dapat diubah menjadi meja kopi dengan cetakan lusuh yang chic. Apakah Anda masih menyimpan radio kakek Anda yang tidak bisa terbakar? Anda bisa menggunakannya lagi sebagai tampilan di atas meja.

Pergi, mulailah mencari barang bekas di sekitar rumah dan mengubahnya menjadi aksesoris rumah yang keren!

7. Ubah suasana dengan mengubah kain

Di sebuah ruangan rumah, Anda pasti akan menemukan sejumlah aksesoris rumah menggunakan kain, seperti gorden, sarung bantal atau permadani. Alih-alih membeli furnitur baru, mengganti kain ini tentu akan jauh lebih murah dan lebih menyenangkan.

Jika, sementara itu, sarung bantal Anda hanya berisi kain netral yang solid, cobalah membeli sarung bantal baru dengan pola menarik dan warna-warna cerah. Jika Anda ingin sedikit mengganggu, Anda juga dapat membuat sarung bantal sendiri dari kaos bergambar yang belum pernah Anda gunakan sebelumnya.

Begitu pula dengan gorden, ganti kain gorden setidaknya setahun sekali agar suasana rumah tidak membosankan. Perhatikan juga karpet yang Anda gunakan. Karpet yang telah digunakan untuk waktu yang lama akan menghitamkan dan memiliki bagian yang rusak.

Anda bisa bergerak dengan permadani yang cocok dengan warna sofa atau sarung bantal. Tidak perlu menggunakan karpet untuk menutupi seluruh permukaan lantai, ukuran karpet 1: 3 sudah cukup untuk mempercantik ruangan.

8. Cat ulang furnitur lama agar terlihat seperti aksesori baru

Ingin menciptakan suasana baru di rumah, tetapi Anda tidak punya banyak uang untuk membeli aksesori baru? Cukup cat ulang beberapa furnitur lama Anda dengan warna berbeda.

Beberapa perabot yang bisa Anda cat ulang adalah meja, kursi dan lemari yang terbuat dari kayu atau besi. Dengan cara ini, Anda hanya perlu membeli beberapa kaleng cat. Saat mengecat nanti, pastikan untuk melukis dengan hati-hati sehingga benar-benar terlihat seperti aksesori rumah baru, ya.