6 Macam Mie Khas Dari Jepang

Jepang merupakan salah satu negara di dunia yang terkenal sangat maju dan modern di berbagai bidang kehidupan. Selain dikenal sebagai negara maju, negara yang berjuluk negeri matahari terbit ini juga terkenal dengan berbagai budayanya yang mendunia. Salah satu budaya Jepang yang terkenal dan banyak digemari di berbagai negara di dunia tentu saja adalah kulinernya.

Diantara berbagai kuliner terkenal dari Jepang yang mendunia, salah satunya adalah kuliner berbentuk mie yang sangat digemari oleh banyak orang. Di Jepang sendiri, mie merupakan salah satu jenis makanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Jepang baik instan maupun olahan lainnya. Selain itu, mie di Jepang juga terdiri dari berbagai jenis yang berbeda-beda seperti ramen, udon, somen, soba dan lainnya.

Berikut adalah 6 macam mie yang berasal dari negara matahari terbit tersebut:

Ramen

Ramen adalah salah satu jenis mie yang paling banyak digemari oleh masyarakat Jepang maupun orang-orang di luar Jepang. Hidangan ini merupakan olahan mie yang terbuat dari tepung gandum dan mengandung kansui yang memberi warna kuning pada ramen. Hampir setiap daerah di Jepang memiliki ramen dengan ciri khas masing-masing yang membedakannya dari ramen dari daerah lainnya.

Udon

Udon merupakan salah satu jenis olahan mie dari Jepang selain ramen yang memiliki ukuran mie yang lebih besar. Ukuran udon lebih tebal dan lebih besar dibanding jenis mie lainnya sehingga disajikan sebagai makanan berkuah dengan berbagai topping. Biasanya udon disajikan dengan bumbu soyu, mirin, dan gula dan ditambahkan beragam topping seperti tempura, kakiage, aburage, atau kamaboko.

Soba

Soba adalah jenis mie yang berbentuk lebih tipis dibanding ramen dan terbuat dari kombinasi tepung soba dan terigu. Tepung soba atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama buckwheat membuat mie soba memiliki warna sedikit keabu-abuan. Jenis mie ini bisa disajikan dingin dengan bumbu saus maupun disajikan dengan tambahan kuah kaldu panas sebagai mie kuah. 

Somen

Somen merupakan mie yang berbahan dasar tepung terigu dan berbentuk lebih tipis dari soba dengan diameter sekitar 1,3 milimeter. Tekstur mie ini cukup lentur ketika ditarik dan menjadi salah satu hidangan favorit ketika musim panas tiba di Jepang. Hal tersebut karena sajian somen bisa dimakan bersama es dengan tambahan sayuran dan saus celup dari tsuyu.

Shirataki

Shirataki adalah jenis mie tradisional dari Jepang yang teksturnya lembut, tipis, dan kecil serta sedikit transparan. Mie yang memiliki kemiripan dengan jenis soun ini terbuat dari tepung konnyaku yang sangat cocok dijadikan sebagai menu diet. Menu olahan shirataki umumnya dijadikan sebagai makanan pendamping ketika menyantap sukiyaki maupun oden untuk menambahkan tekstur kenyal di hidangan.

Yakisoba

Yakisoba merupakan salah satu jenis mie khas Jepang yang berbentuk tipis dan keriting serta disajikan dengan cara di-oseng. Walaupun ada soba dari nama yakisoba, mie ini justru tidak mengandung tepung soba namun hanya menggunakan tepung terigu. Makanan ini biasanya dimasak dengan berbagai bahan lain seperti berbagai jenis sayuran, ayam, daging, jamur, dan seafood.

Enam jenis mie dari Jepang tersebut beberapa diantaranya dibuat dengan menggunakan mesin pengolah mie untuk menghasilkan mie yang lebih bagus. Beragam jenis mesin pengolah mie banyak dijual di toko mesin pengolah makanan dan bisa dibeli dengan mudah. Dengan penggunaan alat pengolah mie, maka hasil mie yang didapatkan bisa terjaga kualitasnya walaupun dibuat dalam jumlah yang banyak.