5 Tips Belajar Efektif Saat Bulan Ramadhan

“Duuh lemes deh, nggak semangat belajarnya”. Eits, kewajiban berpuasa selama bulan Ramadhan tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para pelajar. Perut yang lapar dan mata yang mengantuk pasti sering  dialami di saat jam pelajaran. Tidak dapat dipungkiri, hal itu membuat kita kurang konsentrasi dalam menerima pelajaran. Bukan alasan ya teman-teman karena puasa kita jadi malas belajar.

Bulan Ramadhan bisa menjadi momen untuk melatih kedisiplinan dan juga meningkatkan keimanan loh. Disiplin dalam menjalankan ibadah puasa dan mengikuti pelajaran menjadi dua hal yang bisa dijalani secara beriringan. Tetap semangat dalam berpuasa dan belajar bisa dilakukan dengan tips belajar efektif saat puasa Ramadhan berikut ini, teman-teman:

  • Atur Jadwal Harian

Kegiatan selama bulan Ramadhan tentu akan sedikit berbeda dengan bulan lainnya ya. Makanya, penting untuk mengatur jadwal sesuai dengan aktifitas
yang akan dijalani. Kita bisa menyesuaikan waktunya dengan kegiatan sehari-hari agar lebih teratur. Dengan jadwal kegiatan yang terencana kita belajar efektif selama bulan Ramadhan.

  • Mengkonsumsi Makanan Yang Sehat dan Bergizi

Penting nih, mengkonsumsi makanan sehat yang bergizi saat sahur untuk bekal dalam menjalani aktifitas seharian. Perbanyak minum air putih di malam hari juga sangat penting untuk mengganti cairan tubuh yang hilang pada siang hari.

Demikian juga pada saat berbuka puasa,  kebutuhan gizi harian sangat penting untuk menjaga stamina dan kekebalan tubuh selama berpuasa. Dengan stamina yang baik tubuh akan tetap fit menjalani aktifitas di sekolah, meski sedang berpuasa.

  • Manfaatkan Tidur Siang

Tahukah teman-teman kalau tidurnya orang yang sedang berpuasa itu termasuk ibadah loh. Wahh, namun bukan berarti kita tidur seharian ya. Kita bisa manfaatkan waktu luang di siang hari untuk beristirahat dan tidur siang, untuk sejenak mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Tidur selama 30 menit sampai 1 jam saja sudah cukup untuk membuat tubuh segar kembali.

  • Hindari Tidur Saat Sahur

Salah satu godaan yang sulit dicegah setelah sahur adalah rasa mengantuk yang hebat. Walaupun kita mengantuk, usahakan untuk tidak tidur lagi ya teman-teman. Sebaiknya menunggu hingga waktu sholat Subuh tiba dan segera menjalankan sholat Subuh

Setelah sholat subuh, kita bisa melanjutkan aktifitas atau mempersiapkan diri untuk pergi ke sekolah. Ingat, kebiasaan tidur setelah sahur atau sholat Subuh hanya akan membuat tubuh merasa lemas dan tidak bersemangat.

  • Belajar Online

Kita juga bisa memanfaatkan teknologi internet untuk belajar via online. Tidak usah bingung, karena Ruangguru siap hadir untuk memenuhi kebutuhan teman-teman semua. Semua mata pelajaran, soal-soal dan juga pembahasan dikemas secara menarik dengan video animasi yang membuat kamu tidak akan mengantuk lagi di saat Bulan Ramadhan. Tunggu apa lagi yuk gabung di Ruang Belajar dijamin ini akan menjadi tips sukses ujian nasional yang sangat berguna untuk kamu.

Hayoo kalau lagi puasa jangan malas-malasan untuk belajar ya teman-teman.  5 tips belajar efektif saat bulan Ramadhan diatas bisa kamu aplikasikan ya teman-teman. Semangat berpuasa bagi yang menjalankan.