5 Manfaat Bunga Kancing untuk Kesehatan

Related image

Bunga Kancing (Gomphrena globosa) merupakan tanaman hias bunga yang sering dijumpai di pekarangan rumah. Nama lain bunga Kancing yaitu bunga kenop, kembang puter, ratna pajaka, dan taimantulu.

Bunga ini masih satu famili dengan tanaman bayam, maka tak heran jika daunnya dijadikan sup. Selain itu, bunga kancing juga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk kesheatan karena kaya kaan antioksidan, Vitamin A, E, dan B, mineral, dan asam amino. Berikut ini 5 manfaat bunga kancing untuk kesehatan.

Baca juga : florist di jakarta

Mengobati Sakit Kepala

Image result for sakit kepala

Kandungan yang terdapat dalam bunga kancing dipercaya mampu mengurangi gejala sakit kepala. Anda bisa mencoba meminum air rebusan kembang bunga kancing ini.

Meningkatkan Nafsu Makan

Image result for nafsu makan

Kehilangan nafsu makan pada anak dapat diatasi dengan memberikan ramuan tradisional. Rebus sekitar 25-30 kembang bunga kancing dengan 2 gelas air. Biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas. Minum saat pagi dan sore hari.

Mengobati Disentri

Image result for disnetri

Bunga kancing dipercaya mampu mengobati infeksi pada usus. Disentri ditandai dengan feses yang disertai lendir dan darah. Rebus 10 kuntum bunga kancing ke dalam 100 ml air. Biarkan hingga dingin dan minumlah segera setiap 2 kali sehari.

Mengobati Asma Bronkial dan Sesak Nafas

Image result for sesak nafas

Asma bronkial ditandai dengan batuk dan serangan mendadak hingga sesak nafas. Untuk mengobatinya, Anda bisa menggunakan ramuan tradisional.

Caranya, rebus sekitar 10 kuntum bunga kancing dalam 2 gelas air. Biarkan hingga tersisa satu gelas, minum tiga kali sehari dengan rutin.

Mengobati Insomia

Related image

Bunga kancing memiliki kandungan antistres dan antioksidasi yang dapat menenangkan saraf otak dan memperbaiki suasana hati. Minumlah air rebusan bunga kancing setiap malam sebelum tidur.