5 Kuliner Korea Yang Digemari Masyarakat Indonesia

Hallyu atau dalam bahasa Inggris disebut Korean Wave merupakan istilah untuk perkembangan dan persebaran budaya korea secara global sejak akhir abad ke 20. Budaya pop korea ini menyebar diawali dengan drama Korea dan musik K-Pop yang tersebar sejak akhir tahun 1990-an di China hingga menyebar ke beberapa negara di Asia Tenggara. Korean Wave sendiri berkembang dari pasar regional menjadi suatu fenomena global yang didukung dengan internet dan sosial media dimana salah satunya K-Pop disebarkan dengan memanfaatkan YouTube.

Bicara mengenai hallyu, tentunya bicara tentang kebudayaan Korea. Kebudayaan Korea dalam hallyu ini biasanya meliputi drama Korea, fashion, dan musik yang dikenal dengan K-Pop. Selain itu, mencakup juga beberapa budaya lainnya seperti bahasa dan tentu saja kuliner Korea.

Di Indonesia, hallyu sudah masuk sejak akhir tahun 2000-an. Gempuran hallyu terus meningkat hingga saat ini, dimana minat masyarakat terhadap buaya korea sangat tinggi khususnya K-Pop dan Drama Korea. Tidak hanya mengikuti fashion dari drama dan menikmati musik K-Pop, perhatian masyarakat kita akan kuliner Korea juga cukup tinggi.

Melihat tingginya penikmat kuliner Korea maupun orang-orang yang tertarik dengan kuliner Korea, maka ada peluang untuk menjadikannya sebagai bisnis kuliner. Makanan Korea yang banyak digemari oleh masyarakat biasanya adalah jenis makanan yang banyak muncul di drama Korea maupun jenis makanan yang di upload di instagram idol Korea. Untuk proses yang baik agar mendapatkan hasil makanan yang berkualitas apalagi bila dibuat sekaligus dalam jumlah yang banyak biasanya digunakan mesin pengolah makanan yang banyak dijual di beberapa tempat jual mesin pengolah makanan.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang paling banyak digemari masyarakat yang bisa dijadikan peluang bisnis membuka kedai makan masakan Korea:

1. Kimchi

Kimchi merupakan makanan tradisional Korea. Makanan ini merupakan sejenis asinan dari sayur yang difermentasikan dengan bumbu pedas yang terdiri dari udang kecil, kecap asin, bubuk cabe, bawang putih dan jahe. Sawi putih dan lobak merupakan sayur yang paling banyak digunakan untuk membuat kimchi.

2. Tteokbokki

Tteokbokki adalah sejenis kue beras yang populer dari Korea. Makanan ini disajikan dengan bumbu gochujang yang bercita rasa pedas dan manis. Tteokbokki sendiri biasanya berbentuk silinder atau batang yang memanjang. Biasanya makanan ini disajikan bersama fish cake, telur rebus, dan taburan daun bawang.

3. Bibimbap

Bibimbap adalah sejenis nasi campur tradisional khas Korea. Bibimbap merupakan penggabungan dua kata yaitu bibim yang berarti campuran berbagai bumbu dan bap yang berarti nasi. Makanan ini disajikan dalam satu mangkok nasi yang panas atau hangat. Dalam satu porsi bibimbap terdiri dari nasi dengan topping namul atau kimchi, gochujang, kecap, dan doenjang. Terkadang ditambahkan daging atau telur rebus.

4. Bulgogi

Bulgogi adalah olahan daging khas dari Korea. Makanan ini biasanya menggunakan daging sirloin, rib-eye, atau brisket yang dipotong sedikit lebih tipis kemudian dibumbui dan dipanggang. Bumbu yang digunakan biasanya berupa kecap asin, gula, dan rempah yang berbeda-beda tergantung daerah di Korea. Untuk menyantap bulgogi, biasanya bulgogi bersama bawang putih, kimchi, dan bumbu lain akan dibungkus daun selada yang besar kemudian dimakan secara keseluruhan.

5. Gimbap

Gimbap merupakan sejenis sushi yang berasal dari Korea. Jenis makanan ini biasanya dibawa untuk piknik, hiking, maupun sebagai bekal yang praktis. Gimbap terbuat dari nasi dengan isian berupa timun, wortel, atau ayam yang digulung dan dibungkus dengan kim atau rumput laut. Setelah digulung dengan rumput laut kemudian gimbap dipotong menjadi beberapa bagian.