5 Budaya Jepang Yang Menarik Wisatawan

Jepang merupakan sebuah negara yang sangat unik. Negara yang terkenal dengan julukan negara matahari terbit ini juga merupakan salah satu negara yang terkenal dengan kemajuan teknologinya. Kemajuan teknologi di Jepang seolah membuat negara Jepang menjadi negara yang sangat futuristik dimana semua kegiatan dilakukan dengan teknologi yang maju.

Jika melihat informasi tentang kemajuan teknologi di Jepang, kebanyakan orang akan mengira Jepang hanya berisi budaya modern. Namun, kenyataannya justru sebaliknya, kebudayaan tradisional Jepang masih sangat mengakar kuat di negara tersebut. Selain itu, budaya tradisional Jepang hidup berdampingan dan berkolaborasi dengan budaya modern sehingga membuat budaya masyarakat di Jepang sangat unik.

Perpaduan budaya tradisional dan modern tersebut membuat banyak sekali wisatawan ingin mengunjungi negara yang berada di sebelah timur China ini. Ada banyak wisatawan dari berbagai negara datang ke Jepang. Bahkan menurut data tourism japan, setidaknya ada lebih dari 31 juta orang dari berbagai negara berkunjung ke Jepang sepanjang tahun 2019 yang lalu.

Tingginya angka kunjungan tersebut menunjukkan Jepang sebagai salah satu tujuan wisata favorit di dunia. Selain itu, berbagai agen wisata memasukkan Jepang sebagai salah satu tujuan utama dalam paket wisata Asia yang mereka buat. Umumnya, wisatawan tertarik untuk berkunjung ke Jepang karena berbagai hal berikut:

Anime dan Manga

Anime dan Manga merupakan salah satu hasil budaya modern yang dihasilkan oleh negara Jepang sejak berakhirnya Perang Dunia ke 2. Anime merupakan segala jenis hasil animasi yang dibuat di negara Jepang, sedangkan manga adalah komik maupun novel grafik berbahasa Jepang. Keduanya memiliki tema dan genre yang sangat beragam serta tak jarang menggambarkan keadaan di Jepang sehingga membuat banyak wisatawan tertarik untuk berkunjung.

Makanan Jepang

Kuliner di Jepang dianggap sebagai salah satu yang paling enak di dunia. Makanan khas Jepang disebut dengan Washoku dalam bahasa mereka. Masakan khas Jepang yang terkenal adalah sushi, ramen, sukiyaki, tempura, dan shabu-shabu. Bahan utama dalam menu makanan Jepang umumnya adalah ikan dan sayuran. Berbagai makanan tradisional Jepang menjadi salah satu daya tarik wisatawan mancanegara untuk ke Jepang.

Onsen

Onsen atau pemandian air panas adalah salah satu daya tarik wisatawan untuk pergi ke Jepang. Pemandian air panas di Jepang berjumlah ribuan dan tersebar di hampir semua pulau utama yang ada di wilayah negara Jepang. Umumnya onsen berlokasi di sekitar lokasi gunung berapi walaupun ada beberapa yang tidak berada di sekitar gunung berapi. Secara tradisional, onsen berada di luar ruangan, namun sekarang ada beberapa tempat yang berada di dalam ruangan.

J-Pop

J-Pop merupakan singkatan dari Japanese Pop, suatu genre musik Jepang yang berkembang sejak tahun 1990-an. Industri musik di Jepang merupakan yang terbesar kedua di dunia dengan nilai lebih dari 2,6 miliar dolar. Salah satu genre J-Pop yang unik di Jepang adalah Idol dimana genre ini selalu memuncaki top chart musik di Jepang selama hampir 2 dekade dengan Arashi pada 2008-2009, serta grup idola AKB48 sejak 2010 hingga sekarang.

Video Games

Video Games merupakan salah satu industri besar yang ada di Jepang. Banyak perusahaan game besar merupakan perusahaan dari Jepang. Perusahaan seperti Nintendo, Sega, Konami hingga Sony Computer Entertainment merupakan perusahaan game dan konsol besar yang berasal dari Jepang. Video Games pertama kali dikembangkan di Jepang pada pertengahan 1960-an dan terus berkembang hingga sekarang. Kawasan Akihabara merupakan salah satu kawasan pusat video game yang ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai negara.